Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Madain Saleh Tempat Wisata Sejarah di Madinah Arab Saudi, Wajib Dikunjungi

Madain Saleh - Salah satu tempat wisata di kota Madinah yang wajib kita kunjungi saat berada di Arab Saudi adalah "Madain Saleh". Tempat wisata ini biasanya dikunjungi oleh para wisatawan setelah melakukan Ibadah Umroh. Secara singkat, Madain Saleh merupakan bekas kota tua yang pernah di azab. 

Berdasarkan sejarahnya, Madain Saleh merupakan kota yang pernah ditempati oleh kaum Nabi Saleh yakni Kaum Tasmud pada sekitar 3 ribu tahun sebelum masehi. Kaum Tasmud sendiri adalah kaum yang dikenal sombong dan angkuh. Kaum ini menolak ketika diperintah untuk mengikuti ajaran yang dianut oleh Nabi Saleh.

Madain Saleh Tempat Wisata Sejarah di Madinah Arab Saud

Karena sifatnya yang angkuh dan sombong, ditambah lagi dengan kelakuannya yang tidak baik yakni membunuh unta betina mereka akhirnya diazab. Mereka diazab bersamaan dengan dihancurkannya kota tersebut. Kisah kesombongan dan keangkuhan kaum Tasmud tersebut diceritakan dalam Alquran. 

Setelah kota hancur berkeping-keping karena azab, sehingga menyisakan pemandangan bukit bebatuan yang sekarang dikenal dengan nama Al-Hijr. Pemandangan sisa-sisa kota ternyata tetap mempesona. Hal ini membuat banyak sekali wisatawan yang penasaran untuk mengunjungi keindahan salah satu peninggalan bersejarah di Madinah.

Madain Saleh Tempat Wisata Sejarah di Madinah Arab Saud

Apabila kalian mengunjungi Madain Saleh, kalian akan menjumpai bangunan-bangunan yang unik. Bangunan-bangunan tersebut tidak kalah menarik seperti yang ada di Mesir. Keunikan bangunan yang ada di Madain Saleh adalah pada bagian bangunan terdapat ukiran dan pahatannya. Selain bangunan-bangunan bersejarah, terdapat juga 132 kamar dan kuburan yang membuat para wisatawan semakin penasaran untuk berkunjung ke tempat ini.

Madain Saleh Tempat Wisata Sejarah di Madinah Arab Saud

Keajaiban yang ada di Madain Saleh membuat situs bersejarah ini dijadikan sebagai situs warisan dunia pada tahun 2008. Bagi kalian yang akan mengunjungi tempat wisata ini, kalian harus melewati perjalanan yang tidak mudah. Butuh waktu 4 jam atau sekitar 450 km perjalanan dari kota Madinah agar sampai ke tempat wisata Madain Saleh.

Itulah sedikit gambaran mengenai "Madain Saleh", salah satu tempat wisata sejarah di kota Madinah, Arab Saudi. Semoga bermanfaat bagi pembaca, jangan lupa baca artikel menarik lainnya. Sekian, terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Madain Saleh Tempat Wisata Sejarah di Madinah Arab Saudi, Wajib Dikunjungi