Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Perbedaan Antara Kronologi dan Periodisasi dalam Sejarah

Jelaskan perbedaan antara kronologi dan periodisasi dalam sejarah? Bagi kalian yang masih duduk di bangku sekolah, baik SMP atau SMA mungkin sering mendengar pertanyaan. Jika kalian sedang mencari jawaban atas pertanyaan tersebut, maka kalian akan menemukan jawabannya pada postingan ini.

Untuk mengetahui secara detail mengenai perbedaan antara kronologi dan periodisasi, kalian harus terlebih dahulu paham apa itu pengertian kronologi dan apa pengertian periodisasi dalam sejarah. Setelah mengetahui pengertiannya, barulah kalian coba analisis mengeni perbedaan diantara keduanya. 

Apa pengertian kronologi? Secara singkat, pengertian kronologi adalah sesuai dengan urutan waktu. Artinya, peristiwa sejarah berlangsung sesuai dengan urutan waktu, sehingga peristiwa sejarah tidak melompat dari peristiwa yang satu dengan peristiwa yang lainnya. Dengan memahami urutan waktu kejadian atau kronologi dari suatu peristiwa, kita dapat mendapatkan pemahaman yang baik dalam mempelajari sejarah.

 Perbedaan antara kronologi dan periodisasi

Kemudian pengertian periodisasi dalam sejarah. Secara singkat, periodisasi dalam sejarah adalah pembagian atau pembabagan peristiwa masa lampau yang sangat panjang jalan ceritanya, kemudian dibagi menjadi beberapa zaman. Itulah pengertian kronologi dan periodisasi dalam sejarah. Setelah mengetahui pengertian, berikut ini analisis perbedaan antara kronologi dan periodisasi dalam sejarah.

Baca: Sejarah Revolusi Industri dan Revolusi Prancis  

Perbedaan Antara Kronologi dan Periodisasi

Berikut ini perbedaan antara kronologi dan periodisasi dalam sejarah, meliputi:
  • Kronologi identik dengan tanggal dan peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu. Sementara itu, periodisasi identik dengan tahun dan nama zaman pada masa lalu.
  • Berbicara kronologi dalam sejarah kita akan menuju pada urutan waktu suatu kejadian, sementara berbicara mengenai periodisasi kita akan tertuju pada pengelompokan atau pembabakan suatu zaman.
Itulah hasil analisis perbedaan antara kronologi dan periodisasi dalam sejarah yang harus kita pahami. Setelah mengetahui perbedaannya, kita juga sering mendengar pertanyaan mengenai apa saja contoh kronologi dalam sejarah dan contoh periodisasi dalam sejarah. Berikut ini penjelasan singkatnya. 

Contoh kronologi dalam sejarah

Contoh kronologi dalam sejarah : Pengibaran bendera merah putih pada tanggal 17 agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta, merupakan rangkaian dari peristiwa Prokalamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Secara kronologi, peristiwa tersebut meliputi : pembacaan teks Proklamasi, pengibaran bendera, dan sambutan dari Walikota Soewiryo dan Dr. Moewardi.

Contoh periodisasi dalam sejarah 

  1. 400-1500 (Zaman Pengaruh Hindu-Budha dan Pertumbuhan Islam di Nusantara)
  2. 1500-1670 (Zaman Kerajaan Islam dan mulai Masuknya Bangsa Barat ke Nusantara)
  3. 1670-1800 (Masa Penjajahan oleh VOC)
  4. 1800-1811 (Masa Pemerintahan Herman William Daendles)
Baca Juga:
Demikian pembahasan mengenai Perbedaan Antara Kronologi dan Periodisasi dalam Sejarah beserta conothnua yang harus kita ketahui. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua, kurang lebihnya penulis mohon maaf. Sekian, terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Perbedaan Antara Kronologi dan Periodisasi dalam Sejarah