Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Jenis-Jenis Sejarah Beserta Pengertian dan Contohnya

Jenis-Jenis Sejarah Beserta Pengertian dan Contohnya - Menurut Mohammad Hatta, sejarah tidak hanya menceritakan sebuah kejadian atau peristiwa di masa lampau dari sudut pandang permasalahan saja. Artinya sejarah tidak hanya sebuah kejadian masa lalu, tetapi di dalamnya terdapat banyak problem atau dinamika yang dapat dijadikan pelajaran bagi manusia di masa depan.

Dalam sejarah terdapat beberapa jenis-jenis pengelompokan, nah pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai dua jenis sejarah berdasarkan fokus masalah dan geografisnya. Baca: Pengertian Sejarah Menurut Ibnu Khaldun

Jenis Jenis Sejarah 

Banyak sekali tokoh yang pernah berpendapat mengenai jenis-jenis sejarah dari berbagai sudut pandangnya masing-masing. Salah satu tokoh yang berpendapat mengenai jenis-jenis sejarah bernama Abdurrahman Surjomihardjo dan Taufik Abdullah. Mereka berdua menyatakan bahwa sejarah memiliki 3 jenis. Pertama yaitu sejarah pewarisan, ciri-ciri utama sejarah pewarisan adalah menyajikan atau menceritakan tentang perjuangan pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Jenis-Jenis Sejarah Beserta Pengertian dan Contohnya

Jenis-jenis sejarah yang kedua yaitu sejarah akademik, sebuah penulisan sejarah dengan gambaran yang jelas mengenai sejarah masa lalu dengan dasar tradisi akademik. Sementara itu jenis yang ketiga adalah sejarah ideologis, artinya mengkaji dan mempelajari masa lampau dengan lambang-lambang dan simbol yang nantinya bisa digunakan pada masa ini. Oke langsung saja berikut ini penjelasan dan contoh jenis-jenis sejarah berdasarkan fokus masalah dan geografisnya.

Jenis-jenis sejarah berdasarkan fokus masalah atau tematis terdiri dari empat pengelompokan, yaitu sejarah sosial, sejarah ekonomi, sejarah geografis dan sejarah politik / ketatanegaraan. Berikut ini pengertian dan contoh dari keempat jenis sejarah berdasarkan fokus masalah.

Sejarah Sosial

  • Pengertian sejarah sosial adalah sebuah peristiwa bersejarah yang membahas tentang interaksi dan struktur serta hubungan timbal balik manusia pada masa lalu. Berdasarkan kajiannya yaitu tentang masyarakat, maka pendekatan yang digunakan harus menggunakan pendekatan dari ilmu sosial lain, contohnya ilmu Sosiologi, Politik, Ekonomi, Antropologi, Psikologi dan Hukum.

Sejarah Ekonomi

  • Berdasarkan nama jenisnya, sejarah ekonomi merupakan sejarah yang membahas perekonomian masa lalu dan konsep-konsep perekonomian yang diterapkan. Contoh dari sejarah ekonomi yaitu Sejarah Ekonomi pada Masa Orde Lama dan Pertumbuhan Ekonomi pada Masa Orde Baru.

Sejarah Geografis

  • Jenis sejarah berdasarkan fokus masalah yang ketiga yaitu sejarah geografis, artinya sejarah mengkaji tentang sebuah lokasi dan tempat kejadian sejarah itu berlangsung. Sejarah geografi sangat penting untuk digunakan dalam sejarah, khususnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai tempat dimana peristiwa sejarah terjadi.,

Sejarah Politik Atau Ketatanegaraan

  • Sejarah politik merupakan sejarah yang membahas tentang politik di masa lalu, pembahasan meliputi ketatanegaraan, tokoh politik, struktur kekuasaan, sistem pemerintahan, mobilitas masa, jaringan politik dan peran elit politik di masa lalu. Contoh sejarah politik yaitu Kekuasaan Suharto masa Orde Baru, Politik Luar Negeri Indonesia setelah Kemerdekaan.
Untuk mengetahui Jenis-jenis sejarah berdasarkan geografisnya dan macam-macam sejarah silahkan lanjut baca pada artikel berikut ini :
Demikian pembahasan mengenai Jenis-Jenis Sejarah Berserta Pengertian dan Contohnya, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Share ke teman kamu:

Related : Jenis-Jenis Sejarah Beserta Pengertian dan Contohnya