Pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka Belajar secara lengkap. Materi pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa siswi SD MI BAB 1 sampai 8. Meliputi BAB I Aku yang Unik, BAB II Buku Jendela Dunia, BAB III Ekspresi Diri Melalui Hobi, BAB IV Belajar Berwirausaha, BAB VI Cinta Indonesia, BAB VII Sayangi Bumi, dan BAB VIII Bergerak Bersama. Berikut ini pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 buku Kurikulum Merdeka terbaru.
BAB 1 Aku yang Unik
Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 5
Soal dan Jawaban:
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Siapakah saudara kembar pada teks di samping? Jawab: Rana dan Rani
2. Apakah yang dimaksud dengan kembar identik? Jawab: Kembar identik adalah kembar identik berasal dari satu sel telur yang membelah menjadi dua.
3. Berapa lama jarak kelahiran si Kembar? Jawab: Kelahiran mereka berjarak tujuh menit.
4. Jika kalian menjadi teman mereka, bagaimana kalian dapat membedakan keduanya? Jawab: Rana dan Rani memiliki sifat yang berbeda. Rana pendiam sementara Rani periang.
5. Apa sajakah persamaan dan perbedaan pada si Kembar Rana dan Rani?
Gunakan Diagram Venn di bawah ini sebagai panduan penulisan jawaban. Tuliskan persamaan keduanya pada daerah tengah diagram. Tuliskan perbedaan atau ciri khusus masing-masing pada bagian kiri dan kanan diagram.
Jawaban nomor 5, buka disini : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 5 Kurikulum Merdeka
Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 6
Berbicara, Berdiskusi, Mempresentasikan
Mari berbagi cerita. Bukalah halaman judul bab ini. Amatilah anak-anak yang menjadi ilustrasi pada halaman tersebut. Diskusikan dengan teman-teman kalian, di antaranya:
- Apa saja persamaan yang kalian lihat?
- Apa saja perbedaan yang kalian lihat?
- Bagaimana perasaan kalian melihat perbedaan tersebut?
- Tokoh mana yang menurut kalian mirip dengan kalian?
- Tokoh mana yang mirip dengan teman kalian?
Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 8
Berbicara Berdiskusi dan Memprentasikan
Sekarang, mintalah teman kalian untuk memilih sejumlah kata sifat yang mewakili diri kalian, lalu cocokkan hasilnya. Berapa banyak sifat kalian yang dapat ditebak teman kalian? Gunakan tabel di bawah sebagai panduan :
Sifatku adalah ….
- Ramah, karena aku senang berbicara dengan orang lain dan menyapa mereka.
- …., karena …
- …., karena …
- …., karena …
- …., karena …
Menurut temanku, sifatku adalah ….
- Jenaka, karena aku sering terlihat gembira dan suka membuat orang lain tertawa.
- …., karena …
- …., karena …
- …., karena …
- …., karena …
Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 10
Menggunakan Kamus
Apakah kalian pernah membaca kamus? Informasi apa saja yang kalian temukan di dalamnya? Kamus sering digunakan untuk mencari makna kata dan contoh pemakaian kata pada kalimat. Dalam bentuk buku, kata disusun menurut abjad. Zaman sekarang, kamus juga tersedia secara daring. Kita tinggal mengetik ejaan kata dan dalam sekejap kita dapat menemukan penjelasannya.
Latihan Kosakata
Urutkan kelima belas kata sifat di halaman sebelumnya menurut abjad. Gunakan kamus untuk mencari makna katanya. Kemudian, tulislah kalimat bermakna dengan menggunakan kata tersebut. Kerjakan semuanya dalam buku tulis kalian. Berikut contoh untuk tiga kata pertama.
Jawaban, buka disini : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 10
Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 11
Latihan
Isilah teka-teki silang berikut dengan menggunakan kata sifat yang telah dipelajari pada halaman sebelumnya.
Mendatar
2. Tidak bohong
5. Baik tutur kata dan sikap
7. Dapat mengerjakan sendiri
9. Baik kelakuannya
13. Panjang akal, banyak ide
14. Tidak berlebihan
15. Teratur dan bersih
Menurun
1. Memiliki daya cipta
3. Mudah dimengerti
4. Orang yang selalu memiliki
harapan baik
6. Selalu berusaha, giat
8. Selalu bergerak, tidak bisa diam
10. Lucu, kocak
11. Tajam pikiran, pintar
12. Awas penglihatan
Jawaban, buka disini : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 11
Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 12
Imbuhan
Imbuhan adalah tambahan pada kata dasar yang diletakkan di awal, tengah, atau akhir kata.
Imbuhan yang akan dipelajari kali ini adalah imbuhan dalam bentuk awalan pe-. Salah satu makna yang terdapat pada imbuhan pe- adalah menyatakan kata sifat.
Imbuhan
pe- + lupa → pelupa
pe- + maaf → pemaaf
pe- + sabar → penyabar
Contoh Kalimat :
- Egi berjanji akan menulis jadwal agar tidak lagi menjadi anak pelupa.
- Jangan ragu mengakui perbuatanmu karena ia seorang pemaaf.
- Ibuku yang penyabar tetap lembut menjawab adikku yang rewel.
Perhatikan bahwa imbuhan pe- akan berubah menjadi pem- atau peny- untuk beberapa kata.
Soal dan Jawaban:
Latihan
Tulislah hasil pembentukan kata setelah mendapat imbuhan pe- dari daftar katakata di bawah ini!
Jawaban, buka disini : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 12
Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 14
Jawablah pertanyaan di bawah ini.
Setelah menyimak teks “Darman dan Darmin”, dapatkah kalian menyebutkan sifat dari masing-masing anak? Petunjuk apa yang kalian dapatkan dari teks?
Jawaban, buka disini : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 14
Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 15
Makna Kata
Sinonim
- Sinonim adalah persamaan makna kata.
- Sinonim dari pintar adalah pandai.
- Sinonim dari rapi adalah apik.
Latihan
Pasangkan kata-kata di bawah ini dengan sinonimnya. Lalu tulislah dalam kotak, kata-kata mana yang menggambarkan sifat yang patut ditiru dan mana sifat yang sebaiknya dihindari.
Jawaban, buka disini : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 15
Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 16
Makna Kata
Antonim
- Antonim adalah perbedaan makna kata. Kata yang berantonim berarti bermakna berlawanan.
- Antonim mahal adalah murah.
- Antonim cepat adalah lambat.
Perhatikan contoh-contoh antonim lainnya berikut ini.
Gelap >< terang, Besar >< Kecil, Jujur >< Bohong, dan Mandiri >< Manja
Latihan
Pilihlah antonim yang tepat untuk kata-kata bercetak tebal
Jawaban, buka disini : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 16
Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 17
Latihan
Lengkapilah kalimat pada kotak di bawah ini dengan kata-kata bercetak tebal di samping.
- Anak yang _____ akan dijauhi temannya.
- Tika anak yang _____. Kami jarang berbicara. Dia lebih senang menghabiskan waktunya untuk membaca atau melukis.
- Ibuku seorang _____. Beliau tidak pernah marah atau dendam dengan kenakalan kami.
- Sejak kisahnya menyelamatkan sang adik dari rumahnya yang terbakar api tersebar, Ami selalu dikenal sebagai si anak ________.
- Kamu harus giat belajar karena _____ pangkal pandai.
- Ayu sering membawa bekal dari rumah dan menyimpan uang jajannya. Ayu anak yang _____.
- Anak yang _____ selalu dapat dipercaya dan tidak suka berbuat curang.
- Niko adalah anak yang _____. Dia tidak pernah menyakiti perasaan orang lain.
- Adikku dikenal karena senyum sapanya yang bersahabat. Ia sangat ______.
- Ayo semangat! Kita harus ______ dapat menyelesaikan tugas ini tepat waktu.
Jawaban, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 17
Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 20
Latihan
Gabungkan dua kalimat tunggal di bawah ini menjadi sebuah kalimat majemuk dengan kata penghubung yang sesuai.
- Rani rajin berlatih. Rani memenangi lomba.
- Edo anak yang pendiam. Edi anak yang supel.
- Radi menyukai sepak bola. Radi menyukai bulu tangkis.
- Siska pandai berhitung. Siska tidak pandai melukis.
- Beta berambut panjang. Beta berambut ikal.
Latihan
Lengkapilah kalimat di bawah ini dengan pilihan kata penghubung yang sesuai.
atau, namun, karena, sehingga, dan
- Aimin sudah berusaha sungguh-sungguh ______ ia belum menjadi juara kelas.
- Darmin _____ Darman adalah anak Pak Salim.
- Kalian boleh memilih hendak bermain monopoli ____ bermain halma.
- Banyak orang tidak menyukainya _____ ia seorang pembual.
- Yosa sering tidur hingga larut malam _________ ia sering bangun kesiangan.
Lengkapilah kalimat di bawah ini dengan pilihan kata penghubung yang sesuai.
Jawaban, buka disini : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 20
Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 22
Menulis
Minggu lalu, Tina mendapat tugas dari guru untuk menuliskan teks singkat tentang sahabat. Teks tersebut berisi informasi singkat tentang seorang sahabat dan juga hal-hal yang dilakukan bersama sahabat. Untuk tugas ini, Tina akan menulis teks tentang Lila, sahabat baiknya.
Perhatikan informasi tentang Lila pada kolom sebelah kiri. Bacalah informasi tersebut dengan baik. Lalu, isilah titik-titik pada tabel sebelah kanan untuk melengkapi tulisan Tina tentang sahabatnya.
Jawaban, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 22
Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 23
Menulis
Nah, sekarang giliran kalian! Buatlah tabel seperti di samping di buku tulis. Isilah kolom sebelah kiri dengan informasi mengenai teman baik kalian, lalu tulislah sebuah paragraf di kolom sebelah kanan tentang teman kalian menggunakan informasi yang ada. Kalian dapat menambahkan keterangan lainnya pada paragraf tulisan. Gunakan pilihan kata sifat dan kata penghubung yang tepat untuk memperkaya tulisan.
Jawaban, buka disini : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 23