Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Belajar

Pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 (IV) pada buku paket kurikulum kurikulum Merdeka Belajar. Pembahasan soal pada BAB 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  dan 8, meliputi kegiatan siswa dan tugas individu. Berikut ini kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 secara lengkap, baca dengan teliti!

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Belajar

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 6

Bagaimana menurut kalian cerita berjudul “Tak Muat Lagi”? Menarik, bukan?

Sekarang jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Sampaikan kembali cerita “Tak Muat Lagi” dalam tiga kalimat buatanmu sendiri!

2. Mengapa Lala kesal kepada Kiki?

3. Dari mana Lala mengetahui baju itu tidak muat lagi untuknya?

4. Menurutmu, bagaimana perasaan Lala setelah memutuskan akan memberikan bajunya kepada Kiki?

5. Apakah kalian juga punya adik? Bagaimana perasaan kalian jika barang kalian diminta adik?

6. Bayangkan diri kalian sebagai Kiki. Bagaimana perasaan kalian jika memiliki kakak seperti Lala?

Pembahasan, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 6

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 8

Menulis

1. Kalimat Transitif dan Kalimat Intransitif dalam cerita “Tak Muat Lagi” Coba perhatikan cerita “Tak Muat Lagi”. Carilah kalimat transitif dan intransitif di dalamnya. Tuliskan 5 kalimat transitif dan 5 kalimat intransitif yang kalian temukan dalam cerita “Tak Muat Lagi”. Tuliskan pula kata yang menjadi objek pada kalimat transitif.

2. Latihan Menulis Kalimat Transitif dan Kalimat Intransitif

Pembahasan, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 8

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 9

Bagaimana kebiasaan di rumah kalian terhadap barang-barang yang sudah tidak kalian pakai? Apakah baju, sepatu, tas, atau buku kalian dijual, diberikan kepada adik, atau disumbangkan? Ceritakan dan tuliskan di buku tulis kalian. Ketika menulis, perhatikan untuk:

  • Menggunakan tanda baca yang tepat; dan
  • Menggunakan setidaknya 2 kalimat transitif dan 2 kalimat intransitif.

Contoh Cerita, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 9

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 14

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Dari teks “Fobia” tersebut, apa perbedaan ketakutan biasa dengan fobia?

2. Apakah di antara kalian atau orang yang kalian kenal ada yang mengidap fobia? Fobia apa?

3. Apa yang harus dilakukan jika teman atau saudara kalian mengalami serangan fobia?

4. Carilah informasi tentang fobia di buku ensiklopedia atau di internet. Tuliskan jenis-jenis fobia lain yang kalian temukan dan artinya.

Pembahasan, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 14

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 15

Jelajah Kita

Baca kembali cerita “Tak Muat Lagi” dan cerita “Suka dan Tidak Suka.” Adakah kata-kata yang baru bagi kalian? Dapatkah kalian menebak artinya? Buatlah tabel seperti di bawah ini di buku tulis kalian.

Buatlah tabel seperti di bawah ini di buku tulis kalian.

Pembahasan, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 15

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 16

Menulis

Perhatikan kata-kata baru yang kalian dapat dari teks “Tak Muat Lagi” serta “Suka dan Tidak Suka”. Buatlah 10 kalimat menggunakan kata-kata baru tersebut di buku tulis kalian.

Pembahasan, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 16

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 30

Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini! Kalian tidak diperbolehkan membuka Buku Siswa untuk mencari jawabannya. Tuliskan jawaban kalian di buku tulis!

1. Mengapa Tigor suka menyiram tanaman?

2. Apakah yang sering dilakukan Tigor saat menyiram tanaman?

3. Disebut apakah tanaman Kak Tiur?

4. Mengapa tanaman Kak Tiur tidak boleh sering disiram?

5. Siapakah Molen?

6. Siapakah yang tidak membolehkan Tigor menyiram tanaman secara berlebihan? 

7. Apakah nama suku keluarga Tigor?

8. Apakah nama marga Tigor dan Kak Tiur?

9. Mengapa Tigor mengira Molen ada hubungannya dengan tanaman Kak Tiur?

10. Jabatan apa yang disebutkan Tigor untuk Molen?

Pembahasan buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 30

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 31

Berdiskusi

Selanjutnya, diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini bersama-sama.

1. Apakah kalian juga punya tugas yang kalian sukai di rumah?

  • Apa yang kalian kerjakan?
  • Apakah kalian melakukannya setiap hari?
  • Apa yang membuat kalian menyukainya?

2. Apakah Molen memang kepala suku tanaman Kak Tiur? Jelaskan jawaban kalian!

3. Tigor mengatakan dia bersuku Batak. Dari provinsi manakah suku Batak berasal?

4. Tigor menyebut ibunya “Inang”. Bagaimana kalian memanggil ibu kalian?

Pembahasan buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 31

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 32 33

1. Kata-Kata Baru

Baca kembali cerita “Kepala Suku Len”. Kata-kata yang disorot kuning mungkin baru bagi kalian. Untuk mengetahui artinya, lakukan kegiatan berikut ini.

Salinlah kata-kata dan arti kata berikut ini ke buku tulis kalian.

Pasangkan kata dengan arti yang sesuai dan tepat. Buatlah garis lurus untuk menghubungkannya. Mulailah dengan kata yang paling mudah.

Tambahkan kata-kata baru tersebut ke dalam Kartu Kamus kalian.

Kata-kata yang ada di dalam tabel berikut adalah contoh kata berhomonim.

Pembahasan buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 32 33

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 34

2. Kata Bermakna Ganda

Coba perhatikan dua kalimat berikut ini.

1. Kalau tidak memakai kacamata, semua tampak kabur bagi Ruli.

2. Begitu Tigor menyalakan keran, Molen segera kabur masukrumah.

Samakah arti kata /kabur/ pada kedua kalimat di atas?

Perhatikan bagan berikut ini, lalu baca kembali kedua kalimat di atas. Mana arti yang lebih cocok untuk kalimat pertama dan mana arti yang lebih cocok untuk kalimat kedua?

kabur

ka.bur1

a: tidak dapat melihat sesuatu dengan jelas

a: kurang terang; kurang jernih (tentang kaca); kurang jelas

ka.bur2

v berlari cepat-cepat; melarikan diri:

v meninggalkan tugas atau tempat tanpa pamit; menghilang

Dapat kita lihat bahwa terdapat dua arti kata /kabur/. Di dalam bahasa Indonesia, ada beberapa kata yang memiliki arti lebih dari satu. Kata seperti itu disebut homonim.

Homonim: kata yang sama lafal dan ejaannya, tetapi berbeda maknanya

Kata-kata yang ada di dalam tabel berikut adalah contoh kata berhomonim.

Pembahasan buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 34

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 37

Kalian sudah mengenal awalan ‘me-’ sebagai pembentuk kata kerja. Tergantung kata dasarnya, awalan ‘me-’ bisa berubah bentuk menjadi ‘men-’, ‘mem-’,‘menge-’, ‘meny-’, atau tetap ‘me-’.

Kerjakan latihan berikut ini di buku tulis kalian.

1. Tuliskan 10 kata yang huruf pertama kata dasarnya luluh ketika diberi awalan ‘me-’.

Contoh: ‘me-’ + tiup meniup

Pembahasan, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 37

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 38

Berdiskusi

Kalian sudah bercerita tentang tugas yang kalian lakukan di rumah. Bagaimana dengan di sekolah? Tugas apa saja yang ada di sekolah atau kelas kalian? Siapakah yang menyiram tanaman, menyapu kelas, merapikan buku, dan tugas-tugas lainnya?

Diskusikan dan putuskan bersama tugas apa saja yang perlu dilakukan di sekolah atau kelas kalian.

Buatlah kelompok sebanyak hari belajar kalian di sekolah. Jika kalian belajar Senin sampai Jumat, berarti kalian perlu membuat 5 kelompok.

Tetapkan kelompok yang bertugas hari Senin, hari Selasa, dan seterusnya.

Di setiap kelompok, pilih satu orang untuk menjadi ketua kelompok. Ketua kelompok bertanggung jawab dan memastikan semua anggotanya bertugas dengan baik.

Berbicaralah dengan jelas agar mudah dipahami oleh teman-teman. Dengan mendiskusikan tugas harian di sekolah, kalian berlatih untuk aktif berdiskusi dan dapat mengemukakan pendapat dengan kalimat yang jelas

Kreativitas

Pembahasan buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 38

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 39

Membaca

1. Perhatikan judul cerita berikut ini.

Menurutmu, apa yang diceritakan dalam kisah “Ada Vampir di Rumah Ini”?

Lalu, bacalah cerita dengan nyaring!

Pembahasan, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 39

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 42

2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Tanpa melihat buku, sampaikan kembali secara singkat isi cerita tersebut!

2. Cerita seperti apa yang kalian bayangkan saat pertama kali membaca judulnya?

3. Bagaimana pendapat kalian tentang judul cerita tersebut?

4. Apa yang membuat sikap Sani berubah di akhir cerita?

5. Apakah gambar diatas membantu kalian memahami cerita?

6. Menurut kalian, apa hubungan antara vampir, kelelawar, dan alat listrik di dalam cerita ini?

Pembahasan, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 42

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 43

Jelajah Kata

Dalam cerita “Ada Vampir di Rumah Ini” terdapat beberapa kata terkait kelistrikan yang mungkin baru kalian dengar atau ketahui. Carilah artinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia dan catat di Kamus Kartu kalian.

Pembahasan, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 43

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 44

Berdiskusi

Dalam cerita Ada Vampir di Rumah Ini, Kak Lita membuka jendela lebar-lebar agar Sani tidak memerlukan kipas angin. Dengan demikian, mereka menghemat listrik.

1. Diskusikan hal ini di dalam kelompok.

2. Pokok bahasan yang kalian diskusikan meliputi pertanyaanpertanyaan berikut.

Mengapa listrik penting bagi kehidupan manusia?

Bagaimana kalau tidak ada listrik?

Mengapa kita perlu menghemat listrik?

Apa saja yang dapat dilakukan untuk menghemat listrik?

3. Carilah informasi pendukung di buku, majalah, ensiklopedia, internet, atau lainnya. Saat mencari di internet, kalian harus didampingi orang tua atau guru.

4. Presentasikan hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas.

Contoh Hasil Diskusi, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 44

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 46

Konjungsi yang biasa dipakai dalam kalimat majemuk setara antara lain adalah dan (untuk menghubungkan kalimat yang situasinya sama), tetapi (untuk menghubungkan kalimat yang situasinya berlawanan), sehingga (untuk menghubungkan kalimat yang merupakan sebabakibat), dan lain-lain.

Di bawah ini ada beberapa kalimat yang bisa kalian jadikan bahan latihan. Gabungkanlah dua kalimat berikut ini menjadi satu kalimat majemuk menggunakan konjungsi yang tepat. Tuliskan di buku kalian, ya!

Siwi mematikan lampu. + Kak Lita mencabut steker.

Abdul selesai menonton televisi. + Abdul lupa mematikan televisi.

Kak Lita membuka jendela + lebar-lebar. Udara segar memasuki kamar.

Pembahasan, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 46

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 47

Menulis

Pernahkah kalian mengalami pemadaman listrik seharian atau berada di daerah yang belum ada listrik?

Tuliskan pengalaman kalian tersebut dalam dua atau tiga paragraf. Tulislah dengan struktur kalimat yang baik. Gunakan pengetahuan kebahasaan yang kalian dapat dari bab ini.

Ceritakan, misalnya:

• Apa yang kalian lakukan jika hari panas sekali?

• Apa yang kalian pakai untuk penerangan pada malam hari?

• Apa yang kalian rasakan saat itu, apakah bosan, marah, atau takut?

Tulislah secara jelas semua yang kalian lakukan, lihat, dengar, dan rasakan melalui indra kalian, sehingga orang lain yang membaca dapat membayangkan dan seolah-olah dapat merasakannya pula.

Pembahasan, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 47

Demikian pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 (IV) pada buku paket kurikulum Merdeka Belajar secara lengkap dari BAB 1 sampai BAB 8. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar! source: https://reviewsiteid.wordpress.com/

Share ke teman kamu:

Related : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Belajar