Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 35 36 37 38 Pembelajaran 4 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku

Pembahasan kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 35 36 37 38, tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 1 Aneka Benda Di Sekitarku, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi terbaru tahun 2018.

Pada tema 3 kelas 3 SD berjudul "Benda di Sekitarku" terdapat 4 subtema, diantaranya subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku, subtema 2 Wujud Benda, subtema 3 Perubahan Wujud Benda dan subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku.

Nah kunci jawaban tema 3 kelas 3 SD MI halaman 35 36 37 38 terdapat pada subtema 1 pembelajaran 4, kalian dapat membaca pembahasan soal sebagai referensi tugas yang diberikan oleh bapak ibu guru. Baca selengkapnya!

Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 35 36 37 38 Pembelajaran 4 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku

Plastik: Solusi dan Masalah

Perhatikan benda-benda yang ada di rumahmu! Sebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik. Ternyata, sangat banyak alat rumah tangga yang terbuat dari plastik. Mulai dari ember, gayung, sampai sendok sayur. Kantong kemasan dan botol air minum juga terbuat dari plastik.

Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air atau tidak tembus air. Plastik pun mudah dibentuk dan ringan. Oleh karena itu, plastik dapat dibuat menjadi berbagai benda.

Plastik memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, plastik juga dapat menimbulkan masalah. Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai secara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun.

Perhatikan tabel berikut! Coba bandingkan waktu yang dibutuhkan plastik untuk terurai secara alami.

Nama BendaWaktu yang Dibutuhkan
Kertas2-5 bulan
Kardus5 bulan
Kulit jeruk6 bulan
Puntung rokok10 tahun
Kulit sepatu25-40 tahun
Plastik (sejenis bungkus detergen)50-80 tahun
Plastik50-100 tahun
Kaleng soft drink (alumunium)80-100 tahun
Alumunium80-100 tahun
Baterai100 tahun
Kantong plastik (tas kresek)10-20 tahun
Sterofoamtidak dapat diuraikan

Jadi, kamu dapat membayangkan apabila membuang kantong plastik sekarang. Kantong plastik akan terurai 10-20 tahun yang akan datang. Untuk mengurangi sampah plastik, dapat dilakukan dengan 3 cara. Cara tersebut, yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

Reduce adalah mengurangi penggunaan plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya membawa tas belanja sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik. Reuse adalah memanfaatkan kembali sampah plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman digunakan untuk membuat pot bunga.

Recycle adalah daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan di pabrik. Sampah plastik diolah menjadi barang baru yang dapat dimanfaatkan lagi. Kamu dapat membantu proses daur ulang dengan mengumpulkan dan mengelompokkan sampah plastik.

Sampah plastik tidak dicampur dengan sampah lainnya. Berikan sampah plastik kepada pemulung atau petugas kebersihan. Merekalah yang akan membawanya ke pabrik daur ulang sampah. Gunakan plastik dengan bijak agar bumi selamat!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 35

Ayo Berdiskusi!

Kamu telah membaca wacana di atas. Kamu harus dapat mengurangi dan membatasi penggunaan bahan-bahan dari plastik. Untuk itu, lakukan kegiatan reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

Diskusikan dengan temanmu! Apa yang dapat dilakukan untuk reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang)? Tulis hasilnya pada tabel berikut!

Jawaban:

Reduce1. Ketika berbelanja membawa tas sendiri.
2. Menggunakan produk yang dapat diisi ulang misalnya minuman isi ulang.
3. Menghindari memakai dan membeli produk yang menghasilkan sampah plastik.
Reuse1. Memilih wadah, kantong atau benda yang dapat digunakan beberapa kali atau berulang-ulang.
2. Menggunakan tas belanja dari kain dari pada menggunakan kantong plastik.
3. Menggunakan botol plastik air minum sebagai pot bunga.
Recycle1. Memberikan sampah plastik kepada pemulung atau petugas kebersihan
2. Membawa sampah plastik ke tempat daur ulang sampah plastik.
3. Memisahkan sampah plastik dari sampah jenis lainnya.
Ayo Mengamati!
Amatilah lingkungan di sekolahmu! Banyakkah sampah plastik dari kantong kemasan makanan dan minuman? Catatlah hasil pengamatanmu! Berikan tanda centang (✓) jika kamu menemukannya!


Baca pembahasan subtema 1 pembelajaran 1 sampai 6 berikut ini:

Share ke teman kamu:

Related : Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 35 36 37 38 Pembelajaran 4 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku