Kunci Jawaban Kelas 2 Pembelajaran 3 Tema 2 Bermain di Lungkunganku Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah, rangkuman materi kelas 2 SD MI di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Lengkap materi pelajaran beserta kunci jawaban per soal. Pembahasan soal tema 2 kelas 2 halaman 20 21 22 23 24 25 26.
Ayo Bernyanyi
Lagu bisa dinyanyikan dengan tekanan kuat dan tekanan lemah. Dengarkan penjelasan gurumu terlebih dahulu! Masih ingatkah kamu lagu “Berdayung”? Nyanyikanlah kembali lagu tersebut bersama temanmu!
Perhatikan tanda dinamiknya:
- tanda garis merah berarti dinyanyikan keras.
- tanda garis biru berarti dinyanyikan lembut.
- Baris yang tidak bertanda dinyanyikan biasa.
Ayo Menulis
Jawablah pertanyaan berikut dengan tulisan tegak bersambung!
1. Benda apakah yang dimaksud?
2. Apakah kamu mempunyai benda tersebut?
3. Bagaimana bentuknya?
4. Apa kegunaannya?
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Benda-benda di Sekitar Kita
Ada banyak benda di sekitar kita. Setiap benda mempunyai sifat yang berbeda dengan benda lainnya. Ada yang halus, kasar, basah, dan lain sebagainya. Contoh benda yang kasar antara lain batu, pasir dan kulit pohon. Contoh benda yang basah adalah air.
Benda yang memiliki permukaan halus antara lain kapas, bulu, dan kertas. Tentunya masih banyak sifat-sifat lain dari benda-benda di sekitar kita. Bentuk benda juga beragam. Ada yang bentuknya tetap.
Ada juga yang berubah. Bentuk pensil dan kertas akan selalu tetap walaupun telah dipindahkan ke tempat yang berbeda. Sedangkan air di dalam gelas jika dipindahkan ke botol bentuknya akan berubah menyerupai botol.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata berikut!
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan berikut bersama teman kelompokmu!
Sifat-sifat Benda
Alat dan Bahan yang Diperlukan :
- Kertas
- Batu
- Piring
- Gelas
- Cara Kerja
1. Letakkan kertas di atas lantai! Perhatikan bentuk dan besarnya!
2. Ambil kertas tersebut dan pindahkan ke dalam piring. Apa yang dapat kamu lihat? Berubahkah bentuknya? Jawab: Kertas bentuknya tidak berubah/tetap
3. Ambil batu dan letakkan di atas meja! Amati bentuk dan besarnya! Bentuk dan besarnya batu tidak berubah/tetap
4. Pindahkan batu tersebut ke dalam gelas! Apa yang dapat kamu lihat? Berubahkah bentuknya? Jawab: Bentuk batu tidak berubah.
5. Berdasarkan kegiatan ini, apa yang dapat kamu simpulkan?
Tuliskan simpulanmu pada kolom di bawah!
Simpulan :
Kerja Sama dengan Orang Tua : Orang tua mengajak siswa mengamati dan berdiskusi tentang keragaman bentuk benda.
Demikian pembahasan Pembelajaran 3 Tema 2 Kelas 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah, rangkuman materi kelas 2 SD MI di buku tematik. Semoga bermanfaat, selamat belajar.
Kunci jawaban soal diatas, buka disini: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 Halaman 20 21 22 23 24 25 26 Pembelajaran 3 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah