Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Rangkuman Materi Mean, Median dan Modus | Belajar dari Rumah di TVRI

Rangkuman materi Mean, Median dan Modus belajar dari Rumah di TVRI, ringkasan pelajaran SD kelas 4, 5 dan 6 yang tayang hari ini jumat 17 April 2020. Bagi kamu yang terlewatkan dan belum sempat menonton, berikut ini kami sajikan materinya secara lengkap dan singkat.

Rangkuman Materi Mean, Median dan Modus belajar dari Rumah di TVRI, ringkasan pelajaran SD kelas 4, 5 dan 6 yang tayang hari ini jumat 17 April 2020. Bagi kamu yang terlewatkan dan belum sempat menonton materi gemar Matematika bersama pak Ridwan, berikut ini kami sajikan materinya secara lengkap dan singkat.

1. Mean atau Nilai Rata-Rata (kelas 6 SD)

Tujuan Pembelajaran :
  • Menjelaskan tentang nila rata-rata (mean)
  • Memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari yang terkait dengan nilai rata-rata (mean)
Berapa rata-rata nilai ulangan matematika di kelasmu? Bagaimana cara menghitungnya? 

Ada yang tahu berapa rata-rata tinggi badan siswa kelasmu? Bagaimana cara menghitungnya?

Pemahaman Konsep Tentang Rata-Rata (MEAN)

Perhatikan tabel dibawah ini :

Rangkuman Materi Mean, Median dan Modus di TVRI

Nah apa hubungan antara banyaknya nilai atau banyaknya data dengan nilai atau jumlah data dengan rata-rata? Jadi, rata-rata adalah jumlah nilai (jumlah data) dibagi banyak nilai (banyak data)

Rata-rata =  Jumlah data / Banyak data

Nah ingat, belajar rata-rata akan mudah dengan Matematika Nalaria Realistik.

Contoh soal tentang rata-rata berbentuk HOTS atau Higher Order Thinking Skills (berfikir tingkat tinggi). Perhatikan soal berikut ini :

Nilai rata-rata ulangan Matematika 29 anak SD Sukarajin adalah 72, Jika pada data ini ditambahkan nilai Fakhiri, ternayata rata-ratanya menjadi 72,5. Berapakah nilai Fakhri?

Informasi :
  • Nilai 29 anak masing-masing 72
  • rata 29 anak ditambah nilai Fakhri = 72,5
Langkah-langkah menjawab :

Nilai Fakhri = x
Rata-rata nilai keseluruhan adalah
(29 x 72) + x / 30 = 72,5
(29 x 72) + x = 72,5 x 30
2088 + x = 2175
x = 2175 - 2088
= 87

Kesimpulan : Jadi, nilai Fakhri adalah 87

2. Median atau Nilai Tengah (kelas 6 SD)

Tujuan Pembelajaran :
  • Menjelaskan tentang nilai tengah (median)
  • Memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari terkait dengan nilai tengah (media)
Ada yang tahu, berapa nilai tengah dari nilai ulangan Matematika di kelasmu? Bagaimana cara menghitungnya?
Ada yang tahu, berapa nilai tengah dari data berat badan siswa yang ada di kelasmu? Bagaimana cara menghitungnya?

Pengolahan Data Tentang Nilai Tengah (MEDIAN)

Cara menghitung nilai tengah (median) dengan konsep Matematika Nalaria Realistik. 

Pemahaman Konsep Tentang Nilai Tengah (Media)

Perhatikan tabel berikut ini :
Materi Mean Median dan Modus Materi SD di TVRI

Nilai pada baris ketiga, karena nilai tengahnya ada 7 dan 8, maka 7+8 / 2 = 15/2 = 7,5

Kesimpulan :

Jadi, nilai tengah (median) adalah nilai tengah dari sekumpulan data setelah diurutkan.

Contoh soal median (nilai tengah) dalam bentuk hots. Perhatikan soal berikut ini :

Nilai rata-rata Matematika Shidiq dalam tiga kali ujian adalah 77. Nilai ujian Matematika yang pertama dan kedua Shidiq adalah 75 dan 79. Jika nilai ujian ketiga Shidiq naik 5 poin, maka berapakah median dari nilai ujian yang baru?

Informasi :
  • rata-rata ujuan = 77
  • nilai pertama = 75
  • nilai kedua 79
Langkah-langkah mengerjakan :
  • Rata-rata 3 kali ujian = 77
  • Sehingga total nilai = 77 x 3 = 231
  • Nilai ketiga = 231 - 79 - 75 = 77
  • Nilai ketiga naik 5 poin = 77 + 5 = 82
  • Nilai ulangan yang baru adalah 75, 79, 82
  • Median = 79
Kesimpulan : Jadi, median dari nilai ulangan yang baru adalah 79.

3. Modus atau Nilai Data yang Sering Muncul (kelas 6 SD)

Tujuan pembelajaran :
  1. Menjelaskan tentang nilai daya yang sering muncul (modus)
  2. Memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari yang terkait dengan nilai daya yang sering muncul (modus)
Kebanyakan teman-teman kalian, lahir pada tanggal berapa? Kebanyakan teman-teman kalian suka warna apa? Bagaimana cara menghitungnya?

Pemahaman Konsep Tentang Modus

Berikut ini merupakan warna-warna yang disukai oleh teman kelas ;
  • Merah Muda : 6 orang
  • Ungu : 12 orang
  • Hijau : 8 orang
  • Biru : 10 orang
  • Kuning : 5 orang
  • Putih 4 orang
  • Cokelat : 2 orang
Nah data yang sering muncul disebut Modus yakni warna ungu. Apa hubungan antara warna dan banyaknya siswa dengan nilai yang sering muncul atau modus? Jadi, nilai yang sering muncul (modus) mengacu kepada angka yang paling banyak muncul.

Contoh soal tentang modus dalam bentuk HOTS. Perhatikan soal berikut ini.

Dari 110 balita yang ditimbang berat badannya, ada 18 anak beratnya 10 kg, 17 anak 11 kg, 21 anak 12 kg, 22 anak 13 kg dan sisanya 14 kg. Modus nilai dari data tersebut adalah ...

Informasi :

Jumlah  balita yang ditimbang 100 anak
  • 10 kg = 18 anak
  • 11 kg = 17 anak
  • 12 kg = 21 anak
  • 13 kg = 22 anak
  • 14 kg = ?
Langkah-langkah mengerjakan :

Jumlah balita yang memiliki berat badan 14 kg = jumlah seluruh balita - (jumlah balita dengan berat badan masing-masing 10 kg, 11 kg, 12 kg, 13 kg)
= 100 anak - (18 + 17 + 21 +22) anak
= 100 anak - 78 anak
= 22 anak

Nah karena ada jumlah anak yang bernilai sama, yaitu 13 kg 22 anak dan 14 kg 22 anak. Jadi data yang sering muncul modusnya ada dua yaitu 13 kg dan 14 kg.

Itulah Rangkuman Materi Mean, Median dan Modus, belajar dari Rumah di TVRI untuk siswa siswi SD Kelas 4,5, 6 pelajaran matematika hari ini Jumat 17 April 2020. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Rangkuman Materi Mean, Median dan Modus | Belajar dari Rumah di TVRI