Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Sejarah Hari Ini Tanggal 22 Oktober: Hari Santri Nasional

Peristiwa sejarah hari ini tanggal 22 Oktober yang terjadi di seluruh dunia. Memasuki akhir bulan Oktober, tepatnya pada tanggal 22, terdapat beberapa peristiwa penting yang terjadi. Salah satunya penetapan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri nasional pada tahun 2015. Info lebih lanjut berikut ini ulasan menarik seputar sejarah hari ini.

Peristiwa Sejarah Hari Ini Tanggal 22 Oktober

1. Pemindahan Ibu Kota Jepang ke Heiankyo

Peristiwa Sejarah Hari Ini Tanggal 22 Oktober

Pertama, peristiwa pemindahan ibu kota kekaisaran Jepang ke Heiankyo atau nama sekarang ini dikenal sebagai kota Kyoto. Pemindahan ibu kota ini dilakukan pada masa pemerintahan Kaisar Kanmu tahun 794. Kaisar Kanmu merupakan kaisar Jepang yang ke 15.

2. Saluran komunikasi telegraf (untuk mengirim dan menerima pesan jarak jauh) sudah mulai beroperasi di negara Argentina. Republik Argentina sendiri merupakan salah satu negara yang terletak di Amerika Latin, negara terbesar kedua dan salah satu negara yang menggunakan bahasa Spanyol di dunia.

3. Peristiwa Bersejarah di Indonesia Tahun 1950

Peristiwa Bersejarah di Indonesia Tahun 1950

Pada tanggal 22 Oktober 1950, beberapa sastrawan asal Indonesia mengeluarkan manifesto atau diartikan sebagai pernyataan sikap sebuah kelompok yang kemudian diumumkan kepada publik. Manifesto yang dikeluarkan oleh sastrawan Indonesia angkatan '45 ini dikenal juga dengan Surat Kepercayaan Gelanggang. Surat ini diterbitkan secara resmi pada tanggal 22 Oktober 1950. Beberapa toko yang paling menonjol diantara anggota sastrawan yaitu Rivai Apin dan Asrul Sani.

4. Tanggal 22 Oktober Ditetapkan Sebagai Hari Santri Nasional

Peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober

Pada tahun 2015, pemerintah secara resmi menetapkan tanggal 22 oktober sebagai hari santri nasional. Peringatan hari santri ini dilakukan di seluruh daerah di Indonesia.

Selain ke-4 peristiwa bersejarah diatas, beberapa peristiwa penting lain yang wajib Anda ketahui yang terjadi pada tanggal 22 Oktober diantaranya meliputi :

Tanggal 22 Oktober tahun 1955, Republik Vietnam diproklamasikan oleh Ngo Dinh Diem di Saigon.
Tanggal 22 Oktober tahun 1978, Karol Jozef Wojtyla dilantik menjadi Paus Yohanes Paulus II.
Tanggal 22 Oktober tahun 2006, Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2009-2014 secara resmi dilantik oleh Presiden SBY.
Tanggal 22 Oktober 2014, Secara resmi monumen Wikipedia didirikan di Polandia.

Nah itulah beberapa persitiwa sejarah yang terjadi pada tanggal 22 Oktober atau sejarah hari ini. Semoga bermanfaat, terimakasih. 

Share ke teman kamu:

Related : Sejarah Hari Ini Tanggal 22 Oktober: Hari Santri Nasional