Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Cara Mengetahui Kehidupan Manusia Sebelum Mengenal Tulisan

Cara Mengetahui Kehidupan Manusia Sebelum Mengenal Tulisan – Secara metodologis bagaimana kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan? Adanya bukti sejarah atau peninggalan sejarah zaman praaksara sangat bermanfaat bagi para sejarawan untuk melakukan penelitian mengenai kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. Sehingga hasil penelitian yang dilakukan dapat bermanfaat dan berguna untuk membuktikan peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu.

Cara Mengetahui Kehidupan Manusia Sebelum Mengenal Tulisan

Jika kalian sedang mencari jawaban atas pertanyaan diatas, berikut ini akan kita bahas secara singkat dan jelas. Semoga jawaban dibawah ini dapat menjadi referensi bagi kalian. Simak selengkapnya.

Cara Mengetahui Kehidupan Manusia Sebelum Mengenal Tulisan

Tidak hanya para sejarawan, kita tentu juga ingin mengetahui kehidupan manusia sebelum mereka mengenal tulisan atau zaman praaksara. Lalu bagaimana cara kita untuk melakukan kajian tentang kehidupan pada masa itu? mengingat jauhnya jarak waktu pada masa itu dengan zaman sekarang.

Kita dapat mengetahui kehidupan manusia zaman praaksara dengan melakukan kajian secara metodologis. Yaitu metode penelitian arkeologi. Selain itu kita juga dapat melakukan kajian dengan ilmu alam lainnya seperti biologi dan geologi.

Dengan menggunakan ilmu arkeologi, kita dapat melakukan kajian tentang bukti atau jejak sejarah manusia sebelum mengenal tulisan, contohnya seperti peninggalan berupa artefak, candi dan sebagainya.

Kemudian dengan menggunakan ilmu biologi kita dapat mengetahui ragam hayai makhluk hidup. Sementara itu, dengan menggunakan ilmu geologi kita dapat mempelajari usia lapisan bumi.

Nah itulah jawaban singkat mengenai cara metodologis bagaimana kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Sehingga dapat menambah wawasan sejarah Indonesia.

Baca juga jawaban soal-soal sejarah lainnya yang berkaitan dengan manusia zaman praaksara atau periode manusia sebelum mengenal tulisan berikut ini :

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Cara Mengetahui Kehidupan Manusia Sebelum Mengenal Tulisan