Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Biografi Achmad Soebardjo Secara Singkat dan Lengkap

Biografi Achmad Soebardjo - Salah satu tokoh penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia yang patut kita teladani adalah Achmad Soebardjo. Beliau lahir di Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat, tepat pada tanggal 23 Maret 1896. Nama lengkapnya adalah Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo. Ahmad Subarjo merupakan keturunan bangsawan Aceh.

Peran Ahmad Soebardjo dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang patut untuk kita ketahui yaitu :
  • Ahmad Subarjo merupakan salah satu tokoh yang menyumbangkan buah pemikiran dalam pembentukan dasar negara Republik Indonesia, yakni Pancasila.
  • Ia juga merupakan anggota BPUPKI (Bandan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia)
  • Perannya dalam membujuk Laksamana Muda Maeda untuk menggunakan rumahnya sebagai tempat penyusunan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.
  • Ahmad Soebardjo merupakan Menlu (Menteri Luas Negeri Pertama Indonesia).

Biografi Ahmad Soebardjo

Biografi Achmad Soebardjo

Berikut ini rincian data-data profil Ahmad Subardjo yang kami kutip dari wikipedia, :
  • Nama lengkap : Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo
  • Tempat tanggal lahir : Teluk Jambe, Karawang, Provinsi Jawa Barat, 23 Maret 1896
  • Jabatan : Menteri Luar Negeri Indonesia
  • Pendidikan : Universitas Leiden, Belanda
  • Meninggal Dunia : 15 Desember 1978 di Jakarta (pada umur 82 tahun)
  • Orang Tua, Ayah : Teuku Muhammad Yusuf
  • Ibu : Wardinah

Riwayat Pendidikan Ahmad Subarjo

Pada tahun 1917, Achmad Soebardjo bersekolah di Hogere Burger School (HBS) yang berada di kota Jakarta. Pada zaman Hindia Belanda, Hogere Burgerschool merupakan pendidikan menengah umum untuk orang Belanda, Eropa dan para elit pribumi. Bahasa pengantar di sekolah ini menggunakan bahasa Belanda dengan masa studi selama lima tahun.

Setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah atas tersebut, Ahmad Subarjo kemudian melanjutkan study di Universitas Leiden, salah satu universitas tertua di negara Belanda yang didirikan pada tahun 1575. Di perguruan tinggi ini ia memperoleh ijazah Meester in de Rechten, yaitu sebuah gelar yang diperoleh setelah seseorang menyelesaikan studi dalam ilmu hukum di Belanda dan negara Belgia.

Sejarah Perjuangan Ahmad Soebardjo

Pada saat masih menjadi mahasiswa, Ahmad Subarjo aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ia berperan aktif dalam beberapa organisasi di luar negeri dan dalam negeri, seperti Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belanda dan organisasi Jong Java (Tri Koro Dharmo).

Setelah kembali dari Belanda, ia ikut aktif menjadi anggota BPUPKI yang merupakan badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, ia juga ikut ambil bagian menjadi anggota PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Pada peristiwa Rengasdengklok yang terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945, di mana para pejuang dari golongan pemuda kemudian membawa Ir Soekarno dan Moh Hatta, Ahmad Subarjo berperan sebagai perwakilan dari golongan tua yang melakukan perundingan dengan golongan muda untuk segera mengembalikan kedua tokoh tersebut ke Jakarta.

Sebagai generasi muda, kita patut untuk meniru sikap Ahmad Soebarjo dan harus selalu mengenang serta menghormati jasa-jasanya dalam proses perjuangan kemerdekaan hingga Indonesia merdeka. Nah itulah sedikit ulasan mengenai Biografi Achmad Soebardjo. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Biografi Achmad Soebardjo Secara Singkat dan Lengkap