Kumpulan Artikel Sejarah & Tempat Wisata di Indonesia + Dunia, Beserta Artikel Menarik dan Informatif Lainnya

7 Penyebab Penyimpangan Sosial

Secara umum, pengertian penyimpangan sosial adalah segala tindakan menyimpang dari norma-norma yang berlaku di dalam kehidupan, lingkup kecilnya keluarga, lebih luas lagi lingkungan masyarakat. Jadi, apabila anda melakukan tindakan yang tidak mematuhi nilai dan norma yang berlaku, maka dapat dikategorikan sebagai penyimpangan sosial. Penyimpangan sosial disebabkan karena tidak berhasil menyesuaikan diri terhadap kehendak-kehendak tertentu dalam masyarakat (Bruce J, Cohen). Sementara itu, James Vancer Zanden berpendapat bahwa perilaku menyimpang sebagai tindakan tercela diluar batas toleransi yang dilakukan oleh kebanyakan orang.

Penyebab Penyimpangan SosialLalu, apa penyebab terjadinya penyimpangan sosial? Berikut ini faktor-faktor penyimpangan sosial yang harus anda ketahui dan pahami.
  1. Pengaruh media massa, contohnya siaran-siaran di televisi yang menayangkan tindakan kriminalitas dan kekerasan.
  2. Terdapat perbedaan status sosial di dalam masyarakat atau bisa disebut kesenjangan sosial antara orang kaya dan miskin, sehingga muncul rasa iri dan dengki, kemudian muncul tindakan korupsi maupun manipulasi.
  3. Kebutuhan ekonomi, tidak bisa dipungkiri faktor penyebab penyimpangan sosial juga bisa terjadi karena adanya kebutuhan ekonomi. Setiap orang tidak merasa cukup, menimbulkan tindakan penyimpangan seperti perampokan dan lain-lain.
  4. Kegagalan dalam proses sosial, karena kurang mengetahui norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat. Proses ini biasanya dilakukan pada tahap pertama yaitu lingkup keluarga. Artinya terdapat kegagalan dalam mendidik anak-anak kita.
  5. Broken Home (perceraian), kondisi keluarga yang berantakan akibat masalah tertentu dapat menyebabkan penyimpangan sosial yang bertujuan sebagai pelampiasan. Contohnya mabuk-mabukan, judi, prostitusi dan lebih parah lagi mengkonsumsi obat-obat terlarang (narkoba).
  6. Kegagalan dalam pendidikan (putus sekolah), seperti yang kita ketahui jumlah angka putus sekolah dari tingkat SMP sampai SMA di Indonesia sangat tinggi. Akibatnya banyak pemuda-pemuda tidak mempunyai pekerjaan, alis pengangguran. Mereka kemudian terpaksa menjadi pengemis, pengamen dan hingga melakukan tindakan kriminal untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.
  7. Penyebab penyimpangan sosial lainnya yaitu karena faktor internal tingkat kecerdasan anak, sehingga tidak mengerti nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
Nah, itulah 7 faktor penyebab penyimpangan sosial. Lalu bagaimana mencegah terjadinya penyimpangan?? Setidaknya ada 4 cara, meliputi :
  • Melalui Keluarga : Karena pembentukan kepribadian dan perkembangan seseorang tiap individu dimulai dari keluarga.
  • Melalui Sekolah : Tempat di mana seseorang menuntut ilmu pendidikan umum sekaligus menanamkan norma-norma adalah sekolah.
  • Melalui Lingkungan : Pencegahan melalui lingkungan dalam hal ini yaitu memilih teman yang baik, karena pergaulan teman akan mempengaruhi watak atau tingkah laku seseorang.
  • Memilih Media Masa yang baik yang isinya bermanfaat dan informatif, tentu bersifat positif.
Baca Juga : Sebab Sebab Terjadinya Perang

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : 7 Penyebab Penyimpangan Sosial