Kumpulan Artikel Sejarah & Tempat Wisata di Indonesia + Dunia, Beserta Artikel Menarik dan Informatif Lainnya

Masa Kejayaan Kerajaan Kutai dan Runtuhnya

Masa Kejayaan dan Runtuhnya Kerajaan Kutai
Masa Kejayaan dan Runtuhnya Kerajaan Kutai - Sangat sedikit informasi yang dapat kita peroleh mengenai Kerajaan Kutai, berdasarkan informasi dari Wikipedia disebutkan bahwa kerajaan ini berdiri sejak abad ke 4 Masehi, terletak di Hulu Sungai Mahakam, Muara Kaman, Kaltim (Kalimantan Timur). Salah satu raja paling besar pengaruhnya dalam perkembangan kerajaan adalah Mulawarman (raja ketiga).

Tidak ada bukti mengenai nama kerajaan yang berdiri di Kalimantan ini, nama "Kutai" sendiri diambil dari tempat ditemukannya peninggalan berupa Yupa. Yupa-yupa yang berhasil ditemukan berjumlah 7, isinya membahas kehidupan raja-raja seperti Mulawarman dan Aswawarman. Dari analisis 7 isi Yupa, kita dapat mengetahui kapan masa kejayaan dan keruntuhan Kerajaan Kuta.

Masa Kejayaan Kerajaan Kutai

Berdirinya kerajaan pada sebuah masa di wilayah tertentu pasti pernah mengalami masa keemasan, atau kejayaan. Saat dimana kerajaan mengalami kemajuan dalam segala aspek kehidupan ternyata pernah berlangsung di kehidupan Kerajaan Kutai.

Kapan Kerajaan Kutai mengalami masa Kejayaan?

Masa kejayaan Kerajaan Kutai berlangsung saat tahta kepemimpinan dipegang oleh anak dari Aswawarman yakni Mulawarman (cucu Kudungga, pendiri Kutai). Masa keemasan kerajaan ini disebabkan karena Mulawarman sangat bijaksana dan baik hati terhadap rakyatnya.

Baca Juga :
Salah satu prasasti yang membuktikan pernah berlangsungnya kejayaan Kerajaan Tarumanegara menyebutkan mengenai pemberian emas, tanah dan hewan ternak kepada kaum Brahmana. Untuk menghormati beliau, namanya kemudian dicantumkan dalam salah satu isi prasasti.

Salah satu yang mengagumkan adalah pemberian 20 ribu ekor sapi kepada Brahmana, bisa dibayangkan kedermawanan raja Mulawarman saat itu.  Kejayaan juga ditandai dengan berkembangnya kegiatan ekonomi perdagangan dengan memanfaatkan letak Kerajaan Kutai yang sangat strategis.

Runtuhnya Kerajaan Kutai

Tewasnya Maharaja Dharma Setia oleh tangan raja Kertanegara bernama Aji Pangeran Anum Panji Mendapa memuat kerajaan Kutai berakhir alias runtuh. Kerajaan Kutai Kertanegara sendiri berbeda dengan Kutai Martadipura yang telah berdiri dari abad ke 4. Perlu kalian ketahui, pada perkembangan selanjutynya Kutai Kertanegara menjadi sebuah kerajaan yang bercorak Islam, tepatnya sejak tahun 1735 menjadi kesultanan yang dipimpin oleh seorang Sultan.

Runtuhnya Kerajaan Kutai meninggalkan beberapa catatan sejarah berupa peninggalan yang dapat dijadikan sumber referensi untuk tujuan penelitian lebih lanjut mengenai sejarah berdirinya Kutai. Seperti Prasasi Yupa, Ketopang (Mahkota) Sultan, Kura-kura emas, singgasana Sultan, Kelambung Kuning, Keris Bukut Kang, Tali Juwita dan masih banyak lagi.

Itulah secara singkat Masa Kejayaan dan Runtuhnya Kerajaan Kutai. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan sejarah anda.
Jika dirasa informasi tersebut kurang lengkap, bisa baca : Sejarah Kerajaan Kutai Lengkap : Kejayaan, Keruntuhan dan Peninggalanya.
Sumber Referensi :
  • Buku Sejarah Nasional Indonesia Jilid II, penulis Marwati Djoened Poseponegoro dan Nugroho Notosusanto, penerbit Balaipustaka
  • Wikipedia Indonesia

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Masa Kejayaan Kerajaan Kutai dan Runtuhnya