Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Kehidupan Masyarakat pada Masa Chou Timur

Kehidupan Masyarakat pada Masa Chou Timur
Kehidupan Masyarakat pada Masa Chou Timur - Dengan adanya penemuan besi di China, maka terjadilah perubahan secara besar-besaran dalam teknologi pembuatan alat-alat dari besi, khususnya dalam bidang pertanian. 

Teknologi pembuatan alat-alat dari besi semakin maju, maka pertanian juga semakin berkembang sehingga jumlah produksi meningkat, dan perdagangan semakin luas. Hal tersebut mengakibatkan munculnya golongan baru dalam masyarakat yakni golongan menengah yang terdiri dari kaum perdagangan. 

Dengan munculnya golongan pedagang, maka terjadilah kemunduran feodalisme, karena dengan ekonominya yang kuat mereka tidak mau lagi terikat oleh adat lama, sehingga kedudukan kaum bangsawan melemah. 

Di samping kekayaan, kelemahan status kebangsawanan ini diakibatkan oleh adanya sistem warisan yakni hanya anak laki-laki yang pertama yang berhak penuh menjadi bangsawan. Hal ini mengakibatkan banyak anak bangsawan yang kemudian menjadi orang biasa.

Selain adanya perubahan-perubahan seperti tersebut di atas, di masa Chou Timur ini juga terjadi perkembangan di bidang filsafat, yaitu dengan munculnya ajaran-ajaran baru sebagai akibat adanya kericuhan yang sudah tak tertahankan lagi.

Muncullah pemikiran-pemikiran ulung di bidang filsafat, seperti Kung Fu Tzu, Mo Ti dan Lao Tzu. Ketiga pemikiran ulung ini sering disebut : "Three Fother of Chinese Philosophy" (Latourette: Chreel, 1989).
Baca artikel sebelumnya : Sejarah Dinasti Chou Barat
Sumber Referensi :
  • Buku Sejarah Asia Timur 1, karya Drs. Leo Agung S., M.Pd

Share ke teman kamu:

Related : Kehidupan Masyarakat pada Masa Chou Timur