Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

5 Contoh Sejarah Sebagai Ilmu dan Gambarnya

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu - Setelah membahas beberapa contoh sejarah sebagai peristiwa, kisah dan seni pada pembahasan sebelumnya, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa contoh dari sejarah sebagai ilmu. Bagi yang belum membaca artikel mengenai pengertian dan ciri-ciri sejarah sebagai seni, silahkan baca terlebih dahulu sebelum melanjutkan membaca artikel dibawah ini.

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu

Secara singkat, sejarah sebagai ilmu adalah sejarah yang ditulis atau dikaji dengan melalui proses dan metode secara ilmiah, sehingga diperoleh kebenaran yang benar-benara nyata. Kemudian ciri-ciri sejarah sebagai ilmu terdiri dari empiris/nyata, objektif, generalisasi, metode ilmiah dan sistematis. Langsung saja, berikut ini 5 contoh sejarah sebagai ilmu dan penjelasannya secara singkat dan jelas.

1. Teori Masuknya Hindu Budha ke Indonesia

Contoh sejarah sebagai ilmu yang pertama yaitu mengenai teori masuknya agama dan kebudayaan Hindu Budha ke Indonesia. Berdasarkan referensi yang ada, banyak sekali teori yang membahas mengenai masuknya hindu Budha ke Indonesia termasuk teori 4 teori yang cukup terkenal yakni brahmana, kesatria, waisya dan sudra.

Masing-masing teori memiliki bukti dan dikaji secara ilmiah dan sistematis, oleh karena itu termasuk ke dalam contoh sejarah sebagai ilmu. Selengkapnya: 5 Teori Masuknya Hindu Budha ke Indonesia

Teori Masuknya Agama Budha ke Indonesia

2. Teori Masuknya Islam ke Indonesia

Seperti pada contoh yang pertama, terdapat beberapa pendapat mengenai masuknya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia. Contohnya, teori gujarat. Teori tersebut menjelaskan bahwa agama Islam yang ada di Indonesia merupakan berasal dari Gujarat.

Teori lain juga memiliki pendapat yang berbeda-beda, masing-masing memiliki bukti yang kuat mengenai teori yang dianut. Oleh karena itu, teori sejarah masuknya Islam di Indonesia termasuk contoh sejarah sebagai ilmu.

Selengkapnya: Teori Masuknya Islam di Indonesia

3. Teori Nusantara (asal usul nenek moyang bangsa Indonesia)

Teori ini menjelaskan bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia merupakan berasal dari Nusantara atau bisa disebut tidak berasal dari luar nusantara. Teori ini dibuktikan dengan beberapa bukti yang kuat yakni mengenai kondisi geografis, persebaran manusia dan migrasi bahasa. Oleh sebab itu, teori nusantara yang mengkaji sejarah asal usul nenek moyang bangsa Indonesia termasuk contoh sejarah sebagai limu.

4. Teori Yunan (asal usul nenek moyang Indonesia)

Contoh sejarah sebagai ilmu yang ke empat adalah teori yunan yang sama halnya dengan teori nusantara, teori ini menjelaskan mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Teori ini berpendapat bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia adalah berasal dari Cina Selatan, lebih tepatnya Yunan. Beberapa bukti kuat yang berhasil ditemukan membuat teori ini termasuk kedalam contoh sejarah sebagai ilmu.

5. Teori Out Of Taiwan

Contoh sejarah sebagai ilmu ke lima adalah teori Out Of Taiwan, sama seperti kedua teori sebelumnya, teori ini membahas mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Pembuktian teori ini yaitu dengan melakukan pendekatan linguistik / bahasa yang tersebar di Nusantara yakni menggunakan rumpun Ausatronesia. Berdasarkan pendekatan yang digunakan, maka teori ini termasuk contoh sejarah sebagai Ilmu.

Baca juga :
Demikian pembahasan mengenai Contoh Sejarah Sebagai Ilmu, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya. Sekian, terimakasih

Share ke teman kamu:

Related : 5 Contoh Sejarah Sebagai Ilmu dan Gambarnya