Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

5 Ciri Ciri Sejarah Sebagai Ilmu dan Penjelasannya

Apa saja ciri-ciri sejarah sebagai ilmu pengetahuan? Pada artikel sebelumnya kita telah mengulas secara detail mengenai sejarah sebagai peristiwa, kisah dan seni beserta beberapa contohnya. Nah, artikel kali ini merupakan lanjutan dimana kita akan membahas secara lengkap 5 ciri-ciri sejarah sebagai ilmu pengetahuan beserta penjelasannya.


Ciri-Ciri Sejarah Sebagai Ilmu

Ciri Ciri Sejarah Sebagai Ilmu

Pengertian sejarah sebagai ilmu secara singkat adalah sejarah merupakan ilmu yang memiliki fungsi dalam melakukan penyelidikan dan penelitian peristiwa atau kejadian-kejadian di masa lalu yang dialami manusia. Dalam kegiatan penelitian, seorang peneliti harus menguasai metode ilmiah penelitian sejarah. Karena hasil penelitian akan mempengaruhi kondisi di masa yang akan datang. Lalu apa saja ciri-ciri sejarah sebagai ilmu? Berikut penjelasannya..

1. Empiris

Ciri-ciri sejarah sebagai ilmu pengetahuan yang pertama adalah empiris atau bisa diartikan sebagai perjalanan manusia. Pengalaman yang telah dilewati oleh manusia direkam dalam bentuk peninggalan sejarah seperti dokumen maupun benda-benda. Rekaman inilah yang kemudian diteliti oleh seorang sejarawan untuk merekonstruksi peristiwa di masa lalu.

2. Memiliki Obyek

Ilmu sejarah tentu saja mempunyai obyek, sehingga mempunyai sasaran yang jelas. Obyek ilmu sejarah adalah manusia dalam sudut pandang waktu. Sejarah sebagai ilmu membutuhkan obyek untuk membedakan dari ilmu-ilmu lainnya.

3. Memiliki Metode

Ciri-ciri sejarah sebagai ilmu ketiga adalah memiliki metode. Metode yang dimaksud digunakan untuk mengamati peristiwa sejarah. Metodologi mana atau cara-cara seperti apa yang dilakukan untuk mengamati sejarah. Hal ini untuk menunjang penelitian sejarah. Metode dalam hal ini merupakan patokon bagi sejarawan untuk melakukan penelitiannya.

4. Memiliki Teori

Sama seperti ilmu pengetahuan lainnya, ilmu sejarah juga memiliki teori. Apa gunanya teori sejarah? yakni untuk patokan apabila kita berargumen (berpendapat) mengenai peristiwa bersejarah harus berdasarkan teori. Teori tersebut merupakan sekumpulan pendapat dari tokoh-tokoh yang telah melakukan penelitian sejarah berdasarkan bukti yang akurat.

Baca: Teori Masuknya Hindu Budha di Indonesia dan Teori Masuknya Islam di Indonesia

5. Generalisasi

Ciri-ciri sejarah sebagai ilmu terakhir adalah generalisasi atau bisa diartikan sebagai kesimpulan. Artinya berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka seorang peneliti harus berani mengambil kesimpulan mengenai hasil penelitiannya. Apapun hasilnya itulah gambaran kejadian sejarah yang terjadi di masa lalu. Perlu digaris bawahi, pengambilan generalisasi (kesimpulan) harus berdasarkan metode, obyek dan teori yang telah ditentukan.

Baca Juga :
Demikian pembahasan mengenai 5 Ciri Ciri Sejarah Sebagai Ilmu dan Penjelasannya secara lengkap dan singkat. Semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya. Jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya. Kurang lebih penulis mohon maaf, sekian terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : 5 Ciri Ciri Sejarah Sebagai Ilmu dan Penjelasannya