Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Siapa tokoh yang Menandatangani Deklarasi Bangkok?

Deklarasi Bangkok ditandatangani oleh utusan dari 5 menteri luar negeri yang ikut serta dalam perhimpunan kerjasama di kawasan Asia Tenggara. Deklarasi Bangkok adalah sebuah landasan kesepakatan dalam berbagai bidang, meliputi ekonomi, sosial dan budaya. Sementara itu, negara-negara yang menandatangani deklarasi Bangkok yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina.

Tanggal penandatanganan deklarasi Bangkok secara sah disepakati pada 8 Agustus 1967. Yang masih menjadi pertanyaan, siapa saja sebenarnya tokoh yang menandatangani Deklarasi Bangkok? Untuk informasi lebih lanjut, baca terlebih dahulu isi deklarasi Bangkok berikut ini, antara lain :
  • Mendirikan Perhimpunan di wilayah Asia Tenggara bernama ASEAN (Association of South East Asia Nations)
  • Tujuan dari didirikannya ASEAN merupakan hasil dari deklarasi Bangkok
  • Pertama, mempercepat pertumbuhan, perkembangan kemajuan sosial dan budaya negara di Asia Tenggara.
  • Kedua, menjaga dan memelihara perdamaian dunia dan terutama hubungan antara negara di Asia Tenggara.
  • Ketiga, kerjasama dibidang ekonomi, teknologi, administrasi, sosial dan budaya.
  • Keempat, saling memberi bantuan dalam bidang pendidikan, teknik, administrasi dan kejuruan.
  • Kelima, tetap memelihara kerjasama dengan organisasi internasional dan regional lainnya di dunia.
Tokoh yang Menandatangani Deklarasi Bangkok
Tokoh yang Menandatangani Deklarasi Bangkok
Informasi lebih lanjut, baca juga : Sejarah Singkat Berdirinya ASEAN

Tokoh yang Menandatangani Deklarasi Bangkok

Berikut ini 5 menteri luar negeri atau delegasi yang menandatangani kesepakatan antara lima negara yang sudah disebutkan diatas, meliputi :

1. Delegasi Negara Republik Indonesia
Di pihak Indonesia, penandatanganan diwakili oleh menteri luar negeri saat itu bernama Adam Malik. Perlu kalian ketahui, ia merupakan wakil Presiden Indonesia ke tiga. Menjabat dari tanggal 23 Maret 1978 hingga 11 Maret 1983, pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto.

2. Delegasi Negara Malaysia
Kedua delegasi dari pihak negara Malaysia tokoh yang menandatangani adalah Tun Abdul Razak, ia adalah wakil PM Perdana Menteri Malaysia.

3. Delegasi Negara Thailand
Tokoh yang menadatangani dari pihak negara Thailand bernama Thanat Khoman, ia merupakan menlu (menteri luar negeri) Thailand.

4. Delegasi Negara Singapura
Di pihak negara Singapura, tokoh perwakilan yang menandatangani adalah S. Rajaratnam (menteri luar negeri).

5. Delegasi Negara Filipina
Sama seperti tiga negara lainnya, penandatanganan yang dari pihak Filipina diwakili oleh perdana menterinya bernama Narciso Ramos.

Kenapa dinamakan Deklarasi Bangkok? jika kalian analisis baik-baik, setiap perjanjian kesepakatan pasti diberi nama berdasarkan tempat dimana perundingan dilakukan. Contohnya Perjanjian Linggarjati dilakukan di Desa Linggarjati, contoh lainnya Perjanjian Renville dilakukan diatas kapal Renville milik Amerika Serikat. Nah, diberi nama Deklarasi Bangkok, karena deklarasi ini dilakukan di Ibukota Thailand, yaitu kota Bangkok.

Itulah sedikit pembahasan mengenai Tokoh yang Menandatangani Deklarasi Bangkok, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca. Baca juga artikel menarik terkait Asia Tenggara atau yang lainnya, terima kasih.

Baca Juga :

Share ke teman kamu:

Related : Siapa tokoh yang Menandatangani Deklarasi Bangkok?