Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

5 Contoh Sejarah Sebagai Peristiwa dan Ciri-Cirinya

"Contoh Sejarah Sebagai Peristiwa" Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian sejarah sebagai peristiwa, untuk itu kali ini kita akan menganalisis mengenai contoh sejarah sebagai peristiwa. Sedikit mengingat pembahasan sebelumnya, sejarah sebagai peristiwa merupakan sebuah kejadian atau peristiwa di masa lalu yang benar-benar terjadi dan benar-benar nyata serta memiliki pengaruh yang besar.

Dalam hal ini peristiwa sejarah di masa lalu tidak akan pernah terjadi kembali, tetapi peristiwa di masa lalu dapat memunculkan berbagai peristiwa yang akan terjadi di masa depan.

Baca Juga: Pengertian Sejarah Sebagai Ilmu

Contoh Sejarah Sebagai Peristiwa

Sejarah sebagai peristiwa memiliki dua cir-ciri utama yang harus dimiliki, yakni objektif dan empiris. Artinya peristiwa di masa lalu dikatakan sebagai peristiwa bersejarah harus memiliki beberapa bukti dan fakta yang jelas. Beberapa contoh sejarah sebagai peristiwa sebenarnya telah penulis sajikan pada artikel sebelumnya, silahkan cari pada blog ini (jumlahnya puluhan).

Sejarah sebagai peristiwa bisa terjadi pada zaman pra aksara sampai zaman kemerdekaan Indonesia, asalkan peristiwa sejarah tersebut memiliki bukti dan fakta yang nyata. Berikut ini 5 contoh sejarah sebagai peristiwa yang akan kita bahas, meliputi :

Peristiwa Proklamasi
Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan
1. Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sejarah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia merupakan sebuah peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Siapa sih yang tak pernah mendengar/membaca mengenai sejarah Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Secara singkat, proklamasi kemerdekaan merupakan sebuah peristiwa ketika Ir Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, sehingga setelah pembacaan tersebut Indonesia menjadi negara yang merdeka.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu contoh dari sejarah sebagai peristiwa, hal ini karena ada bukti dan fakta yang nyata. Bukti dan fakta mengenai peristiwa ini yaitu berupa rekaman, kesaksian langsung dan teks proklamasi yang asli.


2. Peristiwa Rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok merupakan sebuah peristiwa penculikan Ir Soekarno dan Moh Hatta yang dilakukan oleh golongan muda sebelum peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia. Apa yang menyebabkan para pemuda menculik kedua tokoh tersebut? Para pemuda ingin menjauhkan kedua tokoh tersebut dari segala pengaruh pemerintah Jepang.

Para pemuda mendesak agar kemerdekaan Indonesia segera dilakukan tanpa pengaruh dari Jepang. Peristiwa rengasdengklok merupakan salah satu contoh sejarah sebagai peristiwa karena memang benar-benar nyata terjadi.


3. Peristiwa Pertempuran Ambarawa

Sejarah peristiwa pertempuran Ambarawa adalah pertempuran yang terjadi pada tanggal 20 Oktober 1945 antara pejuang Indonesia dengan pasukan militer Sekutu (Inggris). Peristiwa pertempuran yang terjadi di Ambarawa bertujuan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pertempuran Ambarawa merupakan salah satu contoh sejarah sebagai peristiwa karena peristiwa ini benar-benar nyata dan dapat dibuktikan melalui fakta yang jelas.


4. Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api

Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa pembakaran kota Bandung yang dilakukan oleh para pejuang Indonesia pada bulan Maret 1946, pembakaran dilakukan dengan tujuan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Masyarakat dan para pejuang pada saat itu membakar kota Bandung karena pihak sekutu memerintahkan agar kota Bandung segera dikosongkan.

Untuk mencegah kota Bandung dijadikan sebagai markas pasukan sekutu, maka kota ini kemudian dibakar dan ditinggalkan. Sama seperti peristiwa sebelumnya, peristiwa Bandung Lautan Api dapat dikategorikan sebagai contoh sejarah sebagai peristiwa karena benar-benar terjadi dan memiliki bukti yang nyata.


5. Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949

Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 merupakan sebuah peristiwa serangan balasan yang dilakukan oleh militer dan pejuang Indonesia pada Agresi Militer Belanda 2 di kota Yogyakarta. Seperti namanya, serangan balasan itu dilakukan pada tanggal 1 Maret 1949.

Sementara itu, serangan ini bertujuan untuk merebut kembali kota Yogyakarta yang telah dikuasai oleh pasukan Belanda. Serangan ini benar-benar terjadi dan dapat dibuktikan dengan fakta-fakta yang ada, oleh karena itu termasuk contoh sejarah sebagai peristiwa. 


Demikian beberapa penjelasan mengenai Contoh Sejarah Sebagai Peristiwa dan Ciri-Cirinya, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca. Jangan lupa like dan share, agar teman-teman kita bisa  juga membaca artikel ini. Sekian terimakasih

Berikut ini artikel lanjutannya :

Share ke teman kamu:

Related : 5 Contoh Sejarah Sebagai Peristiwa dan Ciri-Cirinya