"Jas Merah" Jangan sekali-kali melupakan sejarah !

Sunday, August 6, 2017

Letak Kerajaan Majapahit Dari Bukti Peninggalan dan Pemerintahan Rajanya

Letak Kerajaan Majapahit - Majapahit adalah kerajaan besar yang pernah berdiri di Nusantara (Sekarang Indonesia) dan wilayah kekuasaan serta pengaruhnya bahkan mencapai Asia Tenggara. Kerajaan ini didirikan oleh Raden Wijaya pada tahun 1293, kemudian mengalami keruntuhan pada tahun 1500 Masehi. Lokasi dan letak kerajaan ini awalnya merupakan sebuah hutan tarik, kemudian dijadikan desa yang bernama "Majapahit" yang memiliki arti buah maja rasanya pahit. Buah maja banyak terdapat di hutan ini, sehingga di gunakan nama daerah tersebut. 

Pada perkembangannya, Kerajaan Majapahit memiliki lokasi ibu kota berjumlah 3 dari beberapa masa pemerintahan yang berlangsung. Sementara itu, menurut beberapa ahli sejarah dan sumber bukti yang ada, letak kerajaan Majapahit berada di Kec. Trowulan Kab. Mojokerto Jawa Timur. Hal ini dibuktikan dari beberapa penemuan peninggalan kerajaan tersebut. Akan tetapi, beberapa  bukti penemuan peninggalan mengenai Kerajaan majapahit juga berhasil ditemukan di beberapa daerah seperti Jombang, Kediri dan Mojokerto. 

Dari pendahuluan tersebut, kita akan sama-sama membahas mengenai lokasi dan letak Kerajaan Majapahit berdasarkan bukti peninggalan yang berhasil ditemukan dan juga berdasarkan ibu kota yang pernah ditempati pada masa raja-raja yang pernah menguasai Kerajaan Majapahit. Dengan pembahasan mengenai letak kerajaan majapahit ini, diharapkan kita semua memahami dan mengurangi rasa penasaran terhadap kerajaan besar ini. Berikut ini penjelasannya !

Letak Kerajaan Majapahit Dari Bukti Peninggalan dan Pemerintahan Rajanya
Letak Kerajaan Majapahit

Letak Berdasarkan Pemerintahan Raja

Berdasarkan sumber sejarah yang ada, Kerajaan Majapahit pernah mengalami perpindahan letak ibukota dari beberapa masa pemerintahan rajanya. Berikut ini lokasi letak kerajaan berdasar pemerintahan 3 raja majapahit.

1. Pemerintahan Raja Raden Wijaya
  • Letak Kerajaan Majapahit saat pemerintahan Raden Wijaya yaitu di daerah pelabuhan Canggu, Kabupaten Mojokerto atau lebih tepatnya di delta sebuah bengawan. Raja Wijaya sendiri memerintah kerajaan ini sampai sekitar tahun 1305 M. Ia memiliki Istana kerajaan yang letaknya berhadapan dengan bengawan, hal ini membuat istana tersebut memiliki pemandangan yang unik dari istana kerajaan lainnya.
2. Pemerintahan Raja jayanegara
  • Letak Kerajaan Majapahit saat pemerintahan raja Jayanegara sekitar tahun 1305 sampai tahun 1478 M yaitu terletak di Desa Trowulan. Hal ini dibuktikan dari penemuan yang ada. Daerah Trowulan sendiri letaknya berada di dekat perbatasan Jombang dan kota Mojokerto.
3. Pemerintahan Raja / Dinasti Girindrawardhana
  • Latak Kerajaan Majapahit saat pemerintahan raja di Dinasi Girindrawardhana yang berlangsung pada tahun 1478 m ini terletak di daerah Kediri (sekarang). Dinasti ini dikuasai raja Bhre Hyang Purwaaisesa. 

Letak Berdasarkan Bukti Peninggalan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kerajaan Majapahit memiliki letak kerajaan yang berpusat di Trowulan. Lantas, apa sajakah bukti peninggalan mengenai Kerajaan Majapahit yang berhasil ditemukan di daerah Trowulan? Berikut ini beberapa bukti penemuannya :
  1. Candi Tikus
  2. Gapura Bajang Ratu
  3. Gapura Wringin Lawang
  4. Candi Menak Jingga
  5. Kolam Segaran
  6. Makam Troloyo
Bagi yang berminat membaca beberapa bukti candi peninggalan Kerajaan Majapahit silahkan Klik Disini

Banyaknya peninggalan Kerajaan Majapahit yang terdapat di Trowulan merupakan alasan yang logis bagi para sejarawan untuk menyimpulkan daerah tersebut sebagai pusat lokasi letak kerajaan ini berlangsung. Bukti mengenai peninggalan sejarah yang jelas-jelas menyebutkan tulisan mengenai dimana letak kerajaan ini berlangsung memang sampai sekarang belum ditemukan. 

Itulah pembahasan yang sedikit bisa menjawab pertanyaan mengenai dimana Letak Kerajaan Majapahit. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Letak Kerajaan Majapahit Dari Bukti Peninggalan dan Pemerintahan Rajanya

0 Boleh Komentar asal tidak Spam.:

Post a Comment