Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Suku Bangsa di Negara Brunei Darussalam

Suku Bangsa Brunei Darussalam - Artikel kali ini merupakan lanjutan pembahasan sebelumnya mengenai jumlah penduduk Brunei Darussalam. Berdasarkan artikel yang telah di kupas secara lengkap dan detail, dijelaskan bahwa jumlah penduduk Brunei adalah sebanyak 434.076 jiwa atau bisa dibilang paling sedikit diantara negara-negara di kawasan Asia Tenggara (Asean). 

Dari jumlah tersebut, lalu suku bangsa apa saja yang berada di negara Brunei Darussalam? Jawaban atas pertanyaan ini akan kita bahas secara detail dan lengkap. Keadaan alam dan letak geografis negara dengan julukan "Negeri Islam Kaya dan Makmur" tentu mempengaruhi jumlah penduduknya. Tidak terlepas sejarah panjang negara yang berlokasi di ujung pulau Borneo (kalimantan) ini.
Suku Bangsa di Negara Brunei Darussalam
Rumpun Apokayan

Suku Bangsa Brunei Darussalam

2/3 dari total jumlah penduduk Brunei Darussalam merupakan suku Melayu. Ras melayu memang mendominasi masyarakat Brunei, namun kegiatan ekonomi di negara ini didominasi oleh ras Tionghoa. Suku lain yang terdapat meliputi suku Bajau, Dayak Iban, Kedayan dan Apokayan. Itulah suku bangsa di Brunei Darussalam. 

Untuk lebih jelas, berikut rinciannya :
  • Suku Melayu : 66,3%
  • Tionghoa : 11,2%
  • Dayak : 3,4 %
  • Sisanya suku lain-lain berjumlah : 19,1%
Suku melayu merupakan kelompok etnis orang-orang Austronsia, suku ini tersebar dari Thailand, Sumatera Timur, Semenanjung Malaya, Burma, Pulau Singapura, Kalimantan Barat, hingga ke pesisir Brunei Darussalam.

Sementara itu, suku Dayak Iban dan Apokayan adalah rumpun suku Dayak yang tersebar di Kalimantan (Barat, Utara, Timur), Sabah, Sarawak dan Brunei. Suku Bajau (Sama) berasal dari daerah Sulu, kepulauan di Filipina Selatan. Kemudian Kadayan (Kedayan) adalah salah satu dari tujuh suku asli Brunei Darussalam.

Dari penjelasan singkat diatas, dapat kita simpulkan bahwa suku bangsa di Brunei Darussalam di dominasi oleh ras Melayu, namun ada juga suku-suku lainnya seperti Tionghoa, Dayak dan suku asli Brunei yang sudah mendiami ujung pulau Broneo selama ratusan tahun sebelumnya.
Demikian informasi mengenai Suku Bangsa di Negara Brunei Darussalam, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik tentang negara Brunei. Kurang lebihnya penulis mohon maaf, sekian terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Suku Bangsa di Negara Brunei Darussalam