Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Keadaan Alam Brunei Darussalam Lengkap

Jelaskan bagaimana keadaan alam Brunei Darussalam secara lengkap? Pada artikel kali ini, penulis akan mencoba menjelaskan dan mendeskripsikan keadaan bentang alam di Brunei Darussalam. Jika anda mencari jawaban atas pertanyaan tersebut, maka tepat sekali membaca artikel berikut ini. Bandar Seri Begawan merupakan ibukota Brunei, negara ini terletak di ujung utara Pulau Kalimantan (Borneo), berbatasan dengan Malaysia disebelah selatan dan laut China dibagian utaranya.

Keadaan alam Brunei Darussalam apakah sama dengan wilayah provinsi Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan seperti Kalbar, Kalteng, Kaltim, dan Kalimantan Utara? atau bahkan sama dengan wilayah Malaysia seperti Sabah dan Sarawak? Brunei Darussalam terkenal dengan sumber daya alamnya yang begitu melimpah berupa minyak bumi dan gas alam. Hal ini menjadikannya salah satu negara dengan pendapatan PDB per kapita terbesar di Asia Tenggara dan dikategorikan sebagai negara maju.

Keadaan Alam Brunei Darussalam 

Keadaan Alam Brunei Darussalam
Salah satu tempat wisata di perbukitan Distrik Temburong
Negara Brunei Darussalam memiliki total luas 5.765 km2, daratan mencapai 5.265 km2 dan perairan 500 km2. Maka dapat disimpulkan bahwa negara ini memiliki daratan lebih luas dibanding perairannya. Hal ini tentu berbeda dengan Indonesia yang memiliki perairan begitu luas dari Sabang sampai Merauke. Iklim di Brunei Darussalam ada dua, yakni tropis katulistiwa dan subtropis.

Secara geografis, wilayah Brunei Darussalam dibagi menjadi dua yakni bagian barat meliputi distrik Belait, Tutong, Brunei dan Muara dan bagian timur terdapat distrik Temburong. Secara umum, keadaan alam Brunei Darussalam meliputi perbukitan, pegunungan, daratan dan sungai.
Artikel Terkait :
Brunei Darussalam bagian barat didominasi daratan, terdapat sungai yang mengalir ke utara. Salah satu sungai terpanjangnya bernama sungai Belait. Dibagian tepi pantai, terdapat rawa-rawa yang dipenuhi dengan hutan bakau lebat. Sementara itu, dibagian pedalaman terdapat perbukitan dan hutan hujan. Di dalam hutan tersebut dapat kita jumpai hewan-hewan seperti gajah, kera, dan harimau tutul.

Keadaan alam Brunei Darussalam dibagian timur berupa pegunungan dan perbukitan. Sementara itu, dibagian selatan terdapat Gunung Pagon, daerah ini memiliki ketinggian sekitar 1.850 meter diatas permukaan laut, bisa dibilang titik tertinggi negara Brunei Darussalam. Kemudian titik terendah berada di pantai dibagian utara.

Baca Juga :
Demikian pembahasan mengenai Keadaan Alam Brunei Darussalam secara lengkap, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga informasi tentang negara Brunei lainnya. Kurang lebihnya penulis mohon maaf, sekian terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Keadaan Alam Brunei Darussalam Lengkap