Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Suku Bangsa di Thailand

Sama seperti Indonesia, suku bangsa di Thailand juga cukup banyak keberadaannya. Namun yang membedakan suku bangsa di negara Thailand hanya didominasi oleh 2 etnis yakni Thai dan Lao, jumlahnya mencapai 3/4 dari total penduduk. Berbeda dengan di Indonesia, terdapat banyak suku yang jumlahnya besar. Contohnya seperti suku Jawa mencapai 95 juta, suku Sunda 36 juta, suku Batak 9 juta, suku Madura 7,2 juta dan suku Betawi 6,8 juta (wikipedia).

Suku Bangsa di Thailand

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa jumlah penduduk di Thailand mencapai sekitar 69 juta pada tahun 2018. Dari jumlah tersebut, mayoritas masyarakat di Thailand menganut agama Buddha. Namun ada beberapa agama minoritas lainnya seperti Islam, Kristen dan Hindu. Kemudian selain suku bangsa yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa suku lain di negara Thailand. Berikut ini penjelasannya.

Suku Bangsa Thailand

Jika 3/4 suku bangsa di Thailand berasal dari etnis Thai dan Lao, maka jika dihitung sekitar 51 juta penduduk Thailand berasal dari kedua suku tersebut. Suku Thai atau bisa disebut juga suku Siam dibagi lagi menjadi 30 sub suku yang tersebar di seluruh Thailand dan sebagian wilayah Asia Tenggara.

Menurut sejarahnya, dikutip dari wikipedia, nenek moyang suku Thai modern (mayoritas penduduk Thailand saat ini) berasal dari bangsa Provinsi Yunan, Tiongkok (China), atau lebih tepatnya berasal dari bangsa yang tinggal di pegunungan sebelah selatan Sungai Yangtze. Orang-orang tersebut bernama bangsa Tai. Berdasarkan catatan Tiongkok, bangsa Tai sudah ada sejak abad ke 6 sebelum masehi.
Rekomendasi Artikel7 Tempat Wisata Seru di Pattaya, Thailand 
Bangsa Thai mulai keluar dari Tiongkok pada masa Kerajaan Nanzhao (multi etnis) pada abad ke 7 masehi berkembang pesat, hal ini dikarenakan berbenturan dengan Dinasti di Tiongkok. Bangsa Thai keluar dari Yunan menuju Burma dan Vietnam. Setelah sampai dan berkembang di Vietnam, bangsa Thai membuat beberapa grup yakni Tai Hitam (Tai Dam), Tai Putih (Tai Khao), dan Tai Merah (Tai Deng). Pada tahun 1238 suku Tai mendirikan kerajaan bangsa Thai (Sukhothai) setelah berhasil mengalahkan Kerajaan Khmer.

Selain etnis Thai dan Lao, terdapat suku bangsa Thailand lainnya seperti etnis Tionghoa, etnis Melayu, suku Khmer, Suku orang bukit, suku Cham, Moken, dan Shan. Namun keberadaan suku tersebut hanya minoritas.

Baca juga : 
Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa Suku Bangsa di Thailand, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Jangan lupa baca artikel informatif lainnya, jika dirasa menarik, jangan lupa share dan like. Sekian, kurang lebihnya mohon maaf, terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Suku Bangsa di Thailand