Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Hasil Tambang di Negara Thailand

Apa saja hasil tambang di negara Thailand? Jawaban atas pertanyaan tersebut akan kita bahas pada artikel kali ini. Sama seperti Indonesia, hasil tambang negara Thailand termasuk penyumbang besar dalam kas negara untuk kemudian diekspor ke negara lain. Dikutip dari wikipedia, hasil tambang utama negara Thailand adalah timah yang dihasilkan di Semenanjung Thailand. Namun perlu kalian ketahui, ada beberapa hasil tambang Thailand lainnya. Lalu apa saja?

Selain dibidang pertambangan, sektor penting lain penyumbang ekonomi negara dengan julukan negeri Gajah Putih yakni seperti di bidang pertanian (60% PDB berasal dari sektor ini), peternakan, pariwisata, industri, perdagangan dan perhubungan. Hasil tambang merupakan SDA yang tidak dapat diperbaharui, artinya bila terus-menerus digali dan diambil maka akan habis pada waktunya. Berikut ini penjelasan mengenai hasil tambang di negara Thailand.

Hasil Tambang Thailand

Hasil Tambang Negara Thailand

Selain timah, hasil tambang negara Thailand lain adalah tembaga, biji besi, seng, emas, batu bara, gas, minyak, mangan, lignit, dan walfram. Untuk timah dan gas alam, hasil tambang ini banyak ditemukan di daerah dekat pantai Teluk Siang. Timah putih dan timah hitam merupakan hasil tambang utama yang dihasilkan, ada yang dimanfaatkan untuk keperluan dalam negeri, namun banyak juga diekspor ke pasar Internasional.
Baca Juga : 7 Tempat Wisata di Pattaya, Thailand 
Selain Thailand, negara-negara lain di Asia Tenggara yang tergabung dalam organisasi Asean juga memanfaatkan sektor pertambangan. Hal ini dikarenakan daerah di Asia Tenggara merupakan salah satu wilayah yang memiliki SDA (sumber daya alam) yang melimpah, termasuk Indonesia.

Berikut ini beberapa hasil tambang negara-negara lain di Asia Tenggara, meliputi  :
  1. Indonesia : Gas alam, minyak bumi, batu bara, biji besai, timah, emas dan perak.
  2. Malaysia : Minyak bumi, emas, timah putih, bauksit dan biji besi.
  3. Vietnam : Gamping, minyak bumi, biji besi, fosfat, timah dan seng.
  4. Timor Leste : Marmer, minyak bumi, emas dan mangan.
  5. Kamboja : Emas, biji besi, fosfat dan mangan.
  6. Brunei Darussalam : Gas alam dan minyak bumi.
Demikian pembahasan singkat mengenai Hasil Tambang di Negara Thailand, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya. Ada beberapa pembahasan mengenai negara Thailand, jika anda tertarik, Baca Juga :
Jika dirasa kurang, silahkan baca dan pilih di Kategori Negara Thailand. Sekian, kurang lebihnya mohon maaf, terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Hasil Tambang di Negara Thailand