Kumpulan Artikel Sejarah & Tempat Wisata di Indonesia + Dunia, Beserta Artikel Menarik dan Informatif Lainnya

Profil Negara Brunei Darussalam : Keadaan Alam, Pemerintahan, Penduduk dan Agama

Artikel kali ini akan membahas mengenai Profil Negara Brunei Darussalam secara lengkap, sehingga bisa menjadi referensi anda yang ingin mengetahui informasi lebih detail negara ini atau bagi yang ingin mengunjunginya untuk kepentingan tertentu, salah satunya berlibur. Profil negara Brunei Darussalam yang akan kita bahas dibagi menjadi dua artikel, karena jika disatukan akan sangat panjang dan melelahkan saat membacanya. Profil negara Brunei Darussalam pada bagian pertama ini meliputi keadaan alam, pemerintahan, penduduk dan agama yang dianut mayoritas serta minoritas masyarakatnya.

Fakta menarik yang wajib anda ketahui adalah Brunei Darussalam merupakan negara terkaya ke lima di dunia dari 182 negara lainnya, dilihat dari jumlah PDB (Produk Domestik Bruto) per kapitanya. Brunei Darusalam adalah negara maju kedua di Asia Tenggara setelah singapura. Kok bisa? karena negara kecil ini memiliki ladang gas dan minyak yang luas di bagian wilayahnya. Brunei Darussalam merupakan salah satu Anggota Organisasi Asean (Asia Tenggara) dan salah satu negara tetangga Indonesia.

Peta Brunei Darussalam
Peta Brunei Darussalam
Letak dan Luas Wilayah Brunei Darussalam

Letak negara Brunei Darussalam berada di pantai barat laut Pulau Kalimantan, menghadap laut China Selatan. Kemudian secara astronomis, terletak pada 4 derajat LU – 5 derajat LU dan 114 derajat BT – 115 derajat BT. Batas-batas wilayah Brunei yaitu:
  • Sebekah Barat: Serawak, Malaysia.
  • Sebelah Selatan: Serawak, Malaysia.
  • Sebelah Timur: Serawak, Malaysia.
  • Sebelah Utara: Laut Cina Selatan.
Negara Brunei Darussalam memiliki 33 pulau kecil, di sekitarnya. Sementara itu, total luas wilayahnya mencapai 5.765 km2.

Keadaan Alam Brunei Darussalam

Daerah tepi pantai Brunei berupa rawa-rawa hutan bakau. Adapun daerah pedalaman berupa perbukitan. Di daerah ini terdapat hutan hujan. Hutan ini menjadi tempat hidup berbagai satwa, seperti gajah, harimau tutul, dan kera. Brunei juga memiliki sungai. Sebagian sungai mengalir ke daerah utara. Sungai terpanjang di Brunei adalah Sungai Belait. Brunei memiliki iklim tropis. Curah hujan rata-rata 2.000 mm per tahun. Puncak tertinggi di Brunei adalah Gunung Pagon. Ketinggiannya mencapai 1.850 meter.

Ibukota Brunei Darussalam adalah Bandar Seri Begawan, negara ini termasuk salah  satu dari negara kecil  di dunia. Dalam luas wilayah, Brunei Darussalam memang tidak seluas Indonesia, tapi negara ini salah satu yang termakmur di dunia.

Pemerintahan Brunei Darussalam

Kemerdekaan Brunei Darussalam diperoleh pada tanggal 1 Januari 1984, setelah itu melakukan perjanjian kerjasama persahabatan dengan Britania Raya pada tanggal 4 Januari 1979. Bentuk pemerintahan Brunei Darussalam adalah Monarki Absolut atau kerajaan islam. Kepala negara dan pemerintahan dipegang oleh Sultan, jabatan perdana mentri dan menteri Pertahanan juga dipimpin oleh Sultan.

Sultan Brunei Darussalam bernama Hassanal Bolkiah, putera mahkotanya Al-Muhtadee Billah dan Mufti Besarnya Abdul Aziz Juned. 

Keadaan Penduduk Brunei Darussalam

Jumlah penduduk Brunei Darussalam sekitar 415,717 jiwa (2013). Sebagian besar merupakan keturunan Melayu. Sisanya adalah keturunan Cina dan India. Dalam percakapan sehari-hari, penduduk Brunei menggunakan bahasa Melayu, Inggris, dan Cina. Bahasa Melayu menjadi bahasa nasional. Penduduk Brunei memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi. Pemerintah Brunei Darussalam menyediakan pendudukan dan perawatan gratis kepada setiap penduduknya. Kekayaan minyak bumi menjadikan Brunei tumbuh menjadi negara kaya.

Agama Brunei Darussalam

Dikutip dari wikipedia, 67% penduduk Brunei Darussalam beragama Islam, 13% Budhis, 10% Kristen dan 10% lainnya kepercayaan asli serta agama lainnya. Artinya, mayoritas penduduk Brunei merupakan beragama Islam, aliranya Sunni. Sama seperti Indonesia, kebebasan beragam di Brunei sangat terjamin.

Menurut sejarahnya, agama Islam berkembang di Brunei Darussalam berlangsung pada tahun 1425, saat Sultan Brunei ke 3 bernama Syarif Ali berkuasa. Berdasarkan prasasti batu Tarsilah, ia merupakan keturunan atau pancir dari cucu Rasulullah Shalallahualaihi Wassallam yakni Amirul Mukminin Hasan.
Baca Selanjutnya : Sumber Daya Alam, Suku Bangsa, Bahasa dan Mata Pencaharian Penduduk Brunei Darussalam
Jika anda tertarik, baca Juga profil negara di Asia Tenggara Lainnya berikut ini :
  1. Profil Negara Indonesia
  2. Profil Negara Singapura
  3. Profil Negara Thailand
  4. Profil Negara Filipina
  5. Profil Negara Malaysia
  6. Profil Negara Papua Nugini
  7. Profil Negara Vietnam
  8. Profil Negara Laos
  9. Profil Negara Kamboja
  10. Profil Negara Myanmar
  11. Profil Negara Timor Leste
Sumber Referensi : 
  • Ilmu Pengetahuan Sosial : untuk SD / MI Kelas VI / penyusun, Sajimin Sarwanti Wulandari, Duwi Rahmadi ; editor, Wuryanto. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
  • Wikipedia

Share ke teman kamu:

Related : Profil Negara Brunei Darussalam : Keadaan Alam, Pemerintahan, Penduduk dan Agama