Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian, Jenis, Penemu dan Sejarah Pesawat Terbang

Apa sebenarnya pengertian pesawat terbang? siapa penemu dan jenis-jenis serta sejarah penemuannya? Artikel ini dibuat untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, oke langsung saja simak selengkapnya. Pesawat terbang atau motor mabur (orang desa menyebutnya begitu) sering kita lihat beterbangan di atas udara. Penemu pesawat terbang tentu sangat berjasa dalam dunia teknologi dan transportasi yang pada zaman sekarang digunakan di seluruh dunia, baik negara kecil, berkembang dan maju menggunakannya untuk singgah menuju pulau, negara dan benua tertentu.

Jika kita perhatikan dengan jeli, setiap pesawat terbang tentu memiliki sayap agar bisa terbang di udara. Kemudian berdasarkan beratnya, pesawat terbang tentu lebih berat dari pada udara, namun canggihnya pesawat ini bisa terbang bebas di udara yang begitu luasnya.

Pengertian, Jenis, Penemu dan Sejarah Pesawat Terbang
Pesawat terbang pertama di dunia karya Wright bersaudara tahun 1903
Keunggulan pesawat terbang apabila digunakan sebagai alat transportasi dibandingkan dengan transportasi lain tentu sangat cepat, sehingga dapat menghemat waktu bagi penggunanya. Namun disisi lain, resiko kematian akibat kecelakaan pesawat terbang lebih tinggi dibanding alat transportasi lainnya. Oleh karena itu, perusahaan pembuat pesawat terbang berlomba-lomba membuat jenis pesawat paling paling canggih dilengkapi alat keselamatan yang terbaru, modern dan paling aman tentunya. 

Pengertian Pesawat Terbang

Dikutip dari wikipedia, pengertian pesawat terbang adalah pesawat yang bisa terbang di udara dengan tenaga sendiri, beratnya lebih dari udara, memiliki sayap tetap. Pesawat terbang juga bisa disebut kapal terbang dan pesawat udara. Tapi, dalam dunia penerbangan istilah pesawat udara lebih luas, mencakup pesawat terbang, helikopter, balon udara dan layangan.

Perkembangan pesawat terbang di Indonesia sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, pada tahun 1914 didirikan bagian uji terbang di Surabaya, tugasnya untuk meneliti pesawat terbang untuk digunakan di daerah tropis. Kemudian pada tahun 1922, Indonesia sudah terlibat memodifikasi pesawat. Selanjutnya pada tahun 1938 di bengkel pesawat yang lokasinya berada di Jalan Kebon Kawung, Bandung, putera-putri Indonesia terlihat dalam proses pembuatan pesawat PK-KKH.

Tahun 1948, berhasil membuat pesawat terbang bermotor, menggunakan mesin Harley Davision. Tahun 1954, secara bangga Indonesia berhasil menerbangkan pesawat prototip bertempat duduk tunggal yang terbuat dari logam, diberi nama "Si Kumbang". Sepuluh tahun kemudian, pada 1958 Indonesia berhasil menerbangkan prototip pesawat latih yang diberi nama "Belalang 89", pesawat ini kemudian diproduksi sebanyak 5 unit.
Rekomendasi artikel untuk anda, baca :
Di zaman sekarang ini, di Indonesia sendiri mempunyai sebuah perusahaan pembuat pesawat terbang yang masih aktif memproduksi berbagai jenis pesawat, khususnya pesawat militer. Nama perusahaan ini yaitu PT DI (Dirgantara Indonesia). PT DI merupakan kebanggaan Indonesia, karena di Asia Tenggara baru Indonesia yang mempunyai industri pesawat terbang.

Pesawat Si Kumbang
Pesawat Si Kumbang

Jenis Pesawat Terbang

Mungkin dari kalian belum banyak yang tahu, bahwasanya jenis-jenis pesawat terbang itu sangat banyak. Jenis pesawat udara dibagi atau dikelompokkan menjadi 3, yakni berdasarkan desain, fungsi dan Propulsi.

1) Jenis Pesawat Berdasarkan Desain :

  • Pesawat dengan sayap tetap atau Fixed Wing
  • Pesawat dengan sayap putar atau Rotated Wing
  • Kapal Udara
  • Balon Udara

2) Jenis Pesawat Berdasarkan Fungsi :

  • Pesawat Komersial untuk penumpang sipil
  • Pesawat Eksperimental
  • Pesawat Militer
  • Pesawat Angkut Militer
  • Pesawat Angkut Kargo

3) Jenis Pesawat Berdasarkan Fungsi :

  • Pesawat dengan Mesin Ram Jet
  • Pesawat dengan Mesin Turbo Fan
  • Pesawat dengan Mesin Turbo Jet
  • Pesawat dengan Mesin Turbo Propeler
  • Pesawat dengan Mesin Piston
  • Pesawat dengan Mesin Layang atau Glider

Sejarah Penemu Pesawat Terbang

Siapa sebenarnya penemu pesawat terbang? berdasarkan catatan sejarah, tokoh penemu dan penerbang pesawat terbang untuk pertama kalinya adalah Orville Wright dan Wilbur Wright, dikenal dan dijuluki sebagai Wright bersaudara. Kedua tokoh ini membuat dan merancang sebuah pesawat yang kemudian setelah jadi diberi nama "Flyer", diluncurkan di sekitar Amerika Serikat pada tahun 1903.

Beberapa penemu pesawat terbang kemudian bermunculan di tahun-tahun berikutnya, seperti Samuel F Cody pada tahun 1910 berhasil melakukan aksi penerbangan pesawat di Inggris, tepatnya lapangan Farnborught. Namun jauh sebelum penemuan pesawat terbang tersebut, ada tokoh lain yang berhasil membuat balon udara yang digunakan sebagai alat transportasi untuk membawa penumpang dan barang. Balon udara pertama kali ditemukan dan diterbangkan oleh Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier pada tahun 1782.

Balon Udara Pertama
Ferdinand Von Zeppelin
Penemuan balon udara ini kemudian disempurnakan oleh Ferdinand Von Zeppelin yang kemudian setelah jadi digunakan sebagai alat untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900. Alat transportasi balon udara semakin ramai digunakan sampai tahun 1939, dan semakin berkurang menjelang PD II (Perang Dunia 2). Setelah itu, perkembangan pesawat terbang sebagai alat transportasi semakin maju setelah adanya beberapa modifikasi baik desain, mesin dan rancangan bentuknya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Pengertian, Jenis, Penemu dan Sejarah Pesawat Terbang, semoga berguna dan bermanfaat.

Share ke teman kamu:

Related : Pengertian, Jenis, Penemu dan Sejarah Pesawat Terbang