Kumpulan Artikel Sejarah & Tempat Wisata di Indonesia + Dunia, Beserta Artikel Menarik dan Informatif Lainnya

Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Iklan Baris

Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis dan Contoh Iklan Baris - Pengertian iklan secara umum adalah informasi yang isinya membujuk agar orang yang membacanya tertarik kepada barang dan jasa yang ditawarkan. Menurut para ahli, salah satunya Wirght (1978), ia berpendapat bahwa pengertian iklan adalah suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan penting sebagai alat pemasaran untuk membantu menjual barang atau jasa melalui saluran tertentu berbentuk informasi persuasif (kalimat ajakan, meyakinkan dan membujuk).

Jenis-jenis iklan digolongkan menjadi 3, pertama jenis iklan berdasarkan sifatnya meliputi iklan niaga dan iklan non niaga. Kedua, jenis iklan berdasarkan tujuannya terdiri dari iklan permintaan, penawaran dan pengumuman. Ketiga, jenis iklan berdasarkan ruangnya dibagi menjadi dua yakni iklan baris dan iklan kolom (display). Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas jenis iklan baris, salah satu iklan berdasarkan ruangnya.

Pembahasan secara lengkap, mulai dari pengertian iklan baris secara umum, menurut para ahli. Ciri-ciri iklan baris secara detail, jenis-jenis iklan baris dan contoh iklan baris yang sering kita lihat salah satunya di koran-koran. Langsung saja berikut ulasannya, baca dengan teliti!

Pengertian Iklan Baris

Pengertian iklan baris tentu berbeda dengan iklan kolom, walaupun sama-sama dikategorikan sebagai iklan berdasarkan ruangnya dan sering anda lihat juga di koran-koran.  Secara umum, pengertian iklan baris adalah iklan singkat terdiri dari beberapa baris dalam sebuah kolom yang dapat kita jumpai di koran dan televisi. Iklan baris biasanya berisi sebuah penawaran seperti loker (lowongan kerja), rumah disewakan, rumah dijual, penawaran jasa, pencarian barang, penjualan barang dan lain sebagainya.

Ruang yang disediakan dalam iklan baris sangat terbatas, maka dari itu para pembuat iklan baris sering menggunakan singkatan-singkatan atau istilah, tujuannya untuk menghemat ruang dan biaya. Kenapa biaya? karena biaya iklan baris dihitung berdasarkan jumlah kata, baris dan jumlah penerbitan.
Baca Juga :
Meskipun singkat, pembuatan iklan baris harus berisi informasi yang lengkap supaya memudahkan pembaca dalam memahami isi keseluruhan iklan yang ditawarkan. Oh iya, singkatan dalam iklan baris harus mudah dipahami dan diartikan oleh pembaca, contohnya rmh (rumah), lt (luas tanah) lb (luas bangunan) dll.

Ciri-Ciri Iklan Baris

Jika anda belum mengetahui ciri-ciri iklan baris, berikut ini rincian karakteristik iklan baris, meliputi :
  1. Tampilan iklan baris lazimnya berwarna hitam putih.
  2. Iklan berada pada halaman koran, atau media cetak lainnya.
  3. Kolom iklan baris memiliki besar sekitar 3 x 5 cm.
  4. Isi iklan berupa tulisan singkat, terdiri dari 3 sampai 4 baris.
  5. Isi iklan baris biasanya langsung to the point ke fokus iklan, tanpa basa basi.
  6. Ada informasi lebih lanjut berupa no hp yang dapat dihubungi.
  7. Terkadang ada iklan baris yang memuat gambar, namun sangat kecil.

Jenis-Jenis Iklan Baris

Ada 4 jenis iklan baris yang dapat kita jumpai di kebanyakan koran atau media cetak lainnya, iklan baris yang ditampilkan tentu dikategorikan kedalam jenis-jenis tertentu, tidak dicampur adukan antara satu dengan lainnya. Berikut ini jenis-jenis iklan baris, antara lain :

1) Iklan Baris Penawaran 

  • Jenis iklan baris pertama ini isinya menawarkan barang atau pun jasa.

2) Iklan Baris Penjualan

  • Jenis iklan baris kedua ini berisi informasi penjualan barang, biasanya produk-produk baru yang memerlukan promosi agar lebih diketahui oleh masyarakat.

3) Iklan Baris Pencarian

  • Jenis iklan baris ketiga ini isinya mencari jasa dan barang tertentu, atau bisa juga mencari profesi, contohnya mencari guru les private dan lain-lain.

4) Iklan Baris Lowongan Kerja

  • Jenis iklan baris ke empat ini berisi informasi lowongan pekerjaan yang dibuat oleh pengiklan yang membutuhkan karyawan, ditujukan kepada para pencari kerja.

Contoh Iklan Baris

Setelah mengetahui pengertian dan jenis-jenis iklan baris, berikut ini contoh iklan baris dari ke empat jenis yang sudah disebutkan diatas. 

1) Contoh Iklan Baris Penawaran

  • Contoh Iklan Baris Penawaran di koran biasanya menawarkan barang, jasa, mobil, rumah, tanah, dan pinjaman. Berikut ini contohnya :
Contoh Iklan Baris Penawaran

2) Contoh Iklan Baris Penjualan

  • Contoh iklan baris penjualan berisi informasi tentang penjualan seperti rumah, tanah, sepeda motor (baru/bekas), mobil, ruko, hp, kamera dan baju dll. Berikut contohnya :
Contoh Iklan Baris Penjualan
Contoh iklan baris penjualan rumah.

3) Contoh Iklan Baris Pencarian

  • Contoh iklan baris pencarian biasanya berisi informasi pencarian orang hilang, barang hilang, jasa sewa kamar/kos, barang, mobil, dan lain-lain. Dibawah ini contohnya :
Contoh Iklan Baris Pencarian

4) Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja

Seperti penjelasan pengertian iklan baris lowongan kerja diatas, jenis iklan baris ini berisi informasi mengenai lowongan pekerjaan yang dibuat oleh orang atau perusahaan kecil dan besar yang sedang membutuhkan karyawan. Berikut ini contohnya :

Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja
Rekomendasi artikel untuk anda, baca :
Nah demikian artikel tentang Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis dan Contoh Iklan Baris, semoga bermanfaat bagi pembaca. Apabila informasi ini menarik, silahkan di share ke teman-teman kalian. Jangan lupa juga baca artikel lainnya. Terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Iklan Baris