Kumpulan Artikel Sejarah & Tempat Wisata di Indonesia + Dunia, Beserta Artikel Menarik dan Informatif Lainnya

Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh Iklan Layanan Masyarakat - Definisi iklan secara umum adalah segala bentuk promosi baik itu dalam bentuk barang dan jasa maupun ide yang disampaikan kepada masyarakat melalui sebuah media tertentu dengan biaya atau lazim kita sebut sebagai sponsor. Iklan layanan masyarakat adalah salah satu jenis iklan yang dikategorikan berdasarkan sifatnya. Pengertian iklan layanan masyarakat adalah sebuah iklan non niaga, singkatnya begitu.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian iklan layanan masyarakat secara umum, berdasarkan buku dan menurut para ahli. Setelah mengetahui pengertian iklan layanan masyarakat, pembahasan selanjutnya yaitu menganalisis ciri-cirinya. Tentu disertai contoh dan juga gambar iklan layanan masyarakat. Oke, langsung saja berikut penjelasannya.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat

Untuk mengetahui pengertian iklan layanan masyarakat secara lebih detail, maka penulis akan menjelaskan definisi jenis iklan ini lebih luas, baik secara umum, informasi dari buku dan pendapat dari para ahli di bidangnya. Perlu kalian ketahui, jenis iklan sendiri dibagi menjadi tiga, berdasarkan sifat, tujuan dan ruangnya. Berdasarkan sifat terdiri dari iklan niaga dan non niaga (layanan masyarakat). Kemudian berdasarkan tujuannya meliputi iklan permintaan, penawaran dan pengumuman. Ketiga berdasar ruangnya : iklan baris dan iklan kolom.
Baca juga :

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat Secara Umum

Secara umum, pengertian iklan layanan masyarakat (ILM) adalah iklan yang menyajikan informasi berupa pesan sosial, tujuannya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap masalah yang sedang dihadapi, baik kehidupan umum, keselarasan maupun ancaman sosial. Dari segi tujuan tentu saja berbeda dengan iklan niaga yang bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat agar tertarik untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan.

Jika berbicara sekala nasional, di Indonesia sendiri jenis iklan ini baru muncul dan berkembang pada tahun 1968. Saat itu ada biro iklan khusus yang pertama kali mempelopori pembuatan iklan layanan masyarakat, masalah yang diangkat saat itu adalah pemasangan petasan yang sedang marak terjadi, sehingga sangat mengancam keselamatan masyarakat. 

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat Menurut Para Ahli

Menurut pendapat dari Liliweri dalam bukunya berjudul "Dasar-dasar Komunikasi Periklanan", dijelaskan bahwa iklan layanan masyarakat adalah jenis iklan yang sifatnya non profit, artinya pemasang iklan tidak berniat untuk mencari keuntungan. Sementara itu, menurut Suasanto, iklan jenis ini merupakan pengumuman tentang berbagai pelayanan masyarakat dengan tidak mengejar keuntungan atau bisa disebut kegiatan non profit.

Ciri-Ciri Iklan Layanan Masyarakat

Nah berikut ini ciri-ciri iklan layanan masyarkat yang wajib anda ketahui sebelum membuatnya, antara lain :
  1. Iklan sifatnya tidak komersial, contohnya iklan pentingnya KB (keluarga berencana) dan iklan pemakian helm saat berkendara.
  2. Iklan layanan masyarakat tidak bersifat keagamaan, lebih mengarah ke sosial.
  3. Tidak juga bersifat politis
  4. Memiliki dampak tinggi, sehingga memperoleh dukungan dari media nasional ataupun lokal.
  5. Iklan jenis ini biasanya diajukan oleh organisasi yang telah diakui.
  6. Iklan diperuntukkan kepada semua lapisan masyarakat.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Banyak sekali contoh iklan layanan masyarakat yang sering kita jumpai di televisi atau media cetak lainnya. Contoh ILM biasanya bertema iklan keluarga, bahaya merokok, global warming, hemat listrik, air, energi dan bahaya narkoba. Berikut ini 3 contoh iklan layanan masyarakat beserta gambar dan penjelasannya.

1. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Global Warming

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Global Warming

Iklan Layanan Masyarakat tentang global warming sering kita jumpai, iklan jenis ini biasanya memuat gambar bumi dan berisi slogan pendek tentang bahaya pemanasan global, salah satunya berakibat pada cuaca ekstrim.

2. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Merokok

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Merokok

ILM tentang bahaya merokok ditunjukkan kepada para perokok dan masyarakat lain yang belum terlanjur kecanduan rokok. Iklan ini biasanya menjelaskan tentang bahaya dan zat kimia yang terkandung dalam rokok. Iklan ini berupa gambar dan slogan ajakan untuk berhenti merokok, contohnya "Jauhi Merokok".

3. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Narkoba

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Narkoba

Iklan layanan masyarakat tentang bahaya narkoba biasanya dikeluarkan oleh BNN (Bandan Narkotika Nasional), iklan ini memberi peringatan tentang dampak buruk penggunaan narkotika yang dapat menghancurkan kehidupan pemakainya di kemudian hari (masa depan). Iklan ini berisi ajakan kepada masyarakat untuk menjauhi narkoba, contoh slogannya seperti "Awas Jangan Coba-Coba Narkoba".

Nah, demikian lah sedikit pembahasan mengenai Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh Iklan Layanan Masyarakat.

Share ke teman kamu:

Related : Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh Iklan Layanan Masyarakat