Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Peta Jawa Tengah Lengkap : 29 Kabupaten dan 6 Kota beserta Gambar

Peta Jawa Tengah Lengkap : 29 Kabupaten dan 6 Kota beserta Gambar - Sesuai dengan namanya, Jawa Tengah merupakan salah satu dari 34 Provinsi di Indonesia yang letaknya berada di paling tengah Pulau Jawa, berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat disebelah barat, Provinsi Jawa Timur sebelah timur, sebelah selatan Daerah Istimewa Yogyakarta dan bagian utara berbatasan dengan Laut Jawa. Selain peta Jawa Tengah, dibawah ini akan kita sajikan beberapa peta kota, salah satunya Semarang yang merupakan Ibu Kota Jawa Tengah.

Provinsi Jawa Tengah terkenal dengan julukan "Jantung" budaya Jawa, memiliki 29 Kabupaten dan 6 kota, luas wilayahnya sekitar 29% dari luas Pulau Jawa termasuk Pulau Nusakambangan di sebelah selatan Kabupaten Cilacap dan Kepulauan Karimun Jawa dekat dengan Kabupaten Jepara. Dibawah ini foto peta Jawa Tengah yang diambil dari satelit :

Peta Jawa Tengah Lengkap : 29 Kabupaten dan 6 Kota beserta Gambar


Berikut Peta Jawa Tengah Lengkap : 29 Kabupaten dan 6 Kota beserta, bagi anda yang ingin melihat lebih detail bisa klik link-link dibawah ini :
  1. Peta Kabupaten Banjarnegara
  2. Peta Kabupaten Banyumas
  3. Peta Kabupaten Batang
  4. Peta Kabupaten Blora
  5. Peta Kabupaten Boyolali
  6. Peta Kabupaten Brebes
  7. Peta Kabupaten Cilacap
  8. Peta Kabupaten Demak
  9. Peta Kabupaten Grobogan
  10. Peta Kabupaten Jepara
  11. Peta Kabupaten Karanganyar
  12. Peta Kabupaten Kebumen
  13. Peta Kabupaten Kendal
  14. Peta Kabupaten Klaten
  15. Peta Kabupaten Kudus
  16. Peta Kabupaten Magelang
  17. Peta Kabupaten Pati
  18. Peta Kabupaten Pekalongan
  19. Peta Kabupaten Pemalang
  20. Peta Kabupaten Purbalingga
  21. Peta Kabupaten Purworejo
  22. Peta Kabupaten Rembang
  23. Peta Kabupaten Semarang
  24. Peta Kabupaten Sragen
  25. Peta Kabupaten Sukoharjo
  26. Peta Kabupaten Tegal
  27. Peta Kabupaten Temanggung
  28. Peta Kabupaten Wonogiri
  29. Peta Kabupaten Wonosobo
  30. Peta Kota Magelang
  31. Peta Kota Pekalongan
  32. Peta Kota Salatiga
  33. Peta Kota Semarang
  34. Peta Kota Surakarta
  35. Peta Kota Tegal

Peta Provinsi Jawa Tengah

29 Kabupaten dan Kota diatas tentu memiliki ciri khas berdeda-beda, mulai dari sejarah panjang pembentukan, kondisi geografis, tempat wisata, makanan khas, sampai bahasa juga berbeda, ada yang ngapak dan ada bahasa jawa halus (krama). Mungkin anda berencana datang ke salah satu tempat di Banyumas untuk kepentingan tertentu dan masih bingung detail-detail jalur mana yang harus dilewati?

Jika iya, Peta Jawa Tengah secara lengkap dibawah ini mungkin bisa membantu anda saat perjalanan untuk mencari tempat yang akan dituju, contohnya anda mencari peta Banyumas atau Tegal. berikut ini Peta Jawa Tengah Lengkap : 29 Kabupaten dan 6 Kota beserta Gambar resolusi tinggi, sehingga dapat membantu anda membaca letak-letak dan daerah yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Peta Jawa Tengah Lengkap dan Gambar

Peta Jalan di Jawa Tengah :

Peta  Jalan Jawa Tengah

 Peta Buta Jawa Tengah :


Peta Buta Jawa Tengah

Anda juga bisa melihat peta Jawa Tengah melalui google map berikut ini, semoga bermanfaat dan membantu anda :

Sejarah Provinsi Jawa Tengah

Kabupaten Banyumas secara resmi dibentuk oleh pemerintah Indonesia pada tanggal 15 tahun 1950 melalui UU, terdiri dari 29 Kabupaten dan 6 kotamadya. Namun perlu anda ketahui, kabupaten Banyumas sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada tahun 1905 Jawa Tengah terdiri dari 5 wilayah yakni Banyumas, Kedu, Pati, Pekalongan dan Semarang. Sementara itu, Surakarta masih menjadi daerah swapraja yang memiliki dua wilayah yaitu Kesunanan Surakarta dan Mangkunaegara.

Kemudian pada tahun 1930 Provinsi Jawa Tengah ditetapkan sebagai daerah otonomi yang memiliki beberapa Karesidenan, antara lain : Banyumas, Kedu, Pati, Pekalongan dan Semarang. Pada masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan, banyak peristiwa-peristiwa besar yang terjadi di Jawa Tengah, seperti Pertempuran 5 Hari di Semarang, Pertempuran Ambarawa dan Perjuangan tentara pelajar di Banyumas.

Baca Juga :
1. Peta Jawa Timur Lengkap dan Gambarnya
2. Peta Banten Lengkap dan Gambarnya
3. Peta Sumatera Selatan dan Gambarnya
4. Peta Lampung Lengkap dan Gambarnya

Demikian pembahasan terkait dengan Peta Jawa Tengah Lengkap : 29 Kabupaten dan 6 Kota beserta Gambar + sejarahnya secara singkat dan jelas. Semoga berguna dan bermanfaat terimakasih. Sumber foto : dokumentasi pribadi, wikipedia dan sejarah-negara.com. 

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Peta Jawa Tengah Lengkap : 29 Kabupaten dan 6 Kota beserta Gambar