Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Sejarah Organisasi Taman Siswa : Latar Belakang, Tokoh dan Tujuannya

Organisasi Taman Siswa merupakan satu dari sekian banyak organisasi yang pernah berdiri pada masa pergerakan nasional di Indonesia. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai sejarah organisasi taman siswa, mulai dari latar belakang berdirinya, tokoh pendiri, tujuan dan perkembangan organisasi tersebut. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini !

Latar Belakang berdirinya organisasi taman siswa disebabkan karena pendidikan di Indonesia pada masa penjajahan Belanda hanya dapat dinikmati bagi golongan kelas atas, seperti anak kalangan para raja, konglomerat dan bangsawan. Sehingga rakyat golongan menengah kebawah tidak dapat menikmati pendidikan yang selayaknya didapat.
Organisasi taman siswa berdiri pada tanggal 3 Juli tahun 1922 di kota Yogyakarta. Berdirinya organisasi ini kemudian memberikan harapan baru di bidang pendidikan bagi rakyat kelas menengah kebawah. Lantas, siapa pendiri organisasi taman siswa?

Sejarah Organisasi Taman Siswa
Sejarah Organisasi Taman Siswa

Pendiri Organisasi Taman Siswa

Organisasi taman siswa didirikan oleh tokoh yang kita kenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara atau nama aslinya adalah Raden Mas Soewardi Soernyaningrat. Nama tersebut mungkin tidak asing bagi kita karena biasa digunakan oleh para bangsawan. Ki Hadjar Dewantara awalnya memang seorang dengan menyandang nama bangsawan, tetapi ia kemudian mengganti namanya pada usia ke 40 tahun.

Ki Hadjar Dewantara merupakan penggagas berdirinya organisasi taman siswa atau bisa disebut organisasi pendidikan pertama di Indonesia pada masa itu. Jasa-jasa beliau tentu sangat berarti bagi dunia pendidikan di Indonesia, hingga saat ini namanya sangat terkenal di kalangan masyarakat. Sebagai seorang bangsawan, ia mendapat pendidikan yang baik. Selain itu, ia juga pernah mendirikan organisasi politik pertama di Indonesia bersama rekan-rekannya.

Pendirian organisasi tersebut tentu sangat ditentang oleh pemerintah Hindia Belanda, maka dari itu beberapa tokoh termasuk Ki Hadjar Dewantara sempat dibuang / diasingkan di beberapa daerah. Ki Hajdjar Dewantara di asingkan ke Belanda dan berhasil kembali ke Indonesia pada tanggal 3 Juli 1922. Ia kemudian langsung mendirikan organisasi yang bernama Nasional Onderwijs Institut Tamansiswa atau yang sekarang kita kenal sebagai Organisasi Taman Siswa.

Baca juga Organisasi Politik Pertama di Indonesia "Indische Partij"

Tujuan dan Perkembangan Organisasi Taman Siswa

Pada awalnya organisasi taman siswa merupakan perkumpulan rutin yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara bersama teman-temannya, seperti Pronowidigo dan Soestatmo. Pertemuan tersebut dilakukan di halaman rumah Ki Hadjar Dewantara atau sekarang merupakan pendopo taman siswa di kota Yogyakarta. Dalam sebuah pertemuan kemudian mereka menggagas mengenai pendidikan di Indonesia, akhirnya lahirlah organisasi pendidikan taman siswa. Organisasi taman siswa merupakan layanan pendidikan bagi anak-anak, remaja maupun dewasa.

Tujuan berdirinya organisasi taman siswa yaitu untuk mewujudkan manusia yang merdeka baik lahiriah maupun batiniah. Untuk menjalankan tujuan tersebut maka organisasi ini berusaha mengenalkan pendidikan di kalangan masyarakat, khususnya menengah ke bawah. Organisasi pendidikan ini memiliki semboyan yang sangat terkenal hingga sekarang, semboyan tersebut yaitu :
Baca Juga :
Demikian pembahasan mengenai Sejarah Organisasi Taman Siswa mulai dari latar belakang, tokoh pendiri, perkembangan, tujuan dan semboyannya. Semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca semua. Kurang lebihnya penulis mohon maaf. Sekian, terimakasih

Share ke teman kamu:

Related : Sejarah Organisasi Taman Siswa : Latar Belakang, Tokoh dan Tujuannya