Artikel Sejarah dan Tempat Wisata Menarik

Pengertian Prasasti dan Fungsinya

Pengertian Prasasti adalah tulisan tentang maklumat atau keputusan resmi yang ditulis pada benda-benda yang keras meliputi batu, lontar, atau pada logam yang dirumuskan menurut kaidah-kaidah tertentu serta ditandai dengan upacara. Adanya penemuan prasasti merupakan tanda bahwa masa dimana prasasti tersebut berlangsung masyarakat sudah mengenal tulisan atau bisa disebut juga akhir dari zaman prasejarah dan menuju zaman sejarah.

Pengertian Prasasti secara etimologi, kata "prasasti" berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya "pujian", tapi kemudian dianggap maklumat atau surat keputusan. Meskipun artinya pujian, isi prasasti tidak semuanya berkaitan dengan pujian. Beberapa prasasti tertua yang ditemukan di Indonesia menunjukkan hubungan antara Indonesia dengan India antara lain Prasasti Mulawarman di Kalimantan yang berbentuk Yupa, Prasasti Purnawarman di Jawa Barat. Prasasti ditulis dalam bentuk syair menggunakan huruf pallawa dan bahasa Sansekerta.


Pengertian Prasasti dan Fungsinya

Dari bukti-bukti prasasti yang ada dapat dipastikan bahwa pada masa Mulawarman dan Purnawarman terdapat pengaruh budaya India, termasuk dalam kehidupan keagamaan yaitu sebagai penganut agama Hindu.

Macam-macam prasasti yang menunjukkan pengaruh Hindu Budha adalah :
  1. Sima, yaitu prasasti yang berisi maklumat raja atau bangsawan dalam rangka pengukuhan suatu daerah menjadi sima.
  2. Jayapattra, yaitu prasasti yang berisi keputusan hukum untuk pihak yang memenangkan suatu perkara.
  3. Suddhapattra, yaitu prasasti yang berisi keputusan ikatan hutang-piutang, pelunasan, atau proses gadai.
  4. Prasasti yang berisi mantra-mantra Hindu dan Budha kemudian dipahatkan diatas lempeng tanah.

Fungsi Prasasti

Beberapa fungsi prasasti yang dapat kita ketahui, sebagai berikut :
  • Sebagai penghormatan kepada dewa, baik dalam agama Hindu maupun Budha.Ciri prasasti seperti ini biasanya terdapat kata Ong selanjutnya nama dewanya dalam agama tersebut.
  • Dari angka-angka dalam prasasti merupakan sumber sejarah yang sangat penting dan dapat digunakan sebagai referensi dalam penelitian. Angka dan tahun di dalam prasasti biasanya diawali dengan kata "Swasti Cri Cakawarsatita".
  • Isi prasasti biasanya menyebut nama raja-raja dari masanya. 
  • Prasasti juga bisa digunakan sebagai simbol atau suatu batas wilayah kerajaan tertentu.
Nah, kerajaan besar di Indonesia (Nusantara) meninggalkan banyak jejak-jejak sejarah berupa prasasti. Dari sebagian prasasti yang ditemukan, memuat informasi penting terkait dengan kerajaan tersebut. 

Berikut ini beberapa prasasti yang berhasil di temukan, antara lain :
  • Kerajaan Tarumanegara : Prasasti Kebon Kopi, P. Tugu, P. Jambu, P. Lebak, P. Pasir Awi, P. Ciaruteun, P. Muara Cianten. Baca selengkapnya Klik Disini
  • Kerajaan Kediri : Prasasti Turun Hyang II, P. Sirah Keting, P. Ngantang, P. Kamulan, P. Jaring. Info lebih lanjut Klik Disini Tonk
  • Kerajaan Majapahit : Prasasti Kudadu, P. Sukamerta, P. Waringin Pitu, P. Canggu, P. Karang Bogem, P. Alasantan dan seterunsnya Baca Disini
  • Kerajaan Sriwijaya : Prasasti Kedukan Bukit, P. Kota Kapur, P. Talang Tuo, P. Karang Birahi, P. Palas Pasemah, P. Telaga Batu, P. Nalanda, P. Leiden, P. Kanton dll, info dan penjelasan lengkap Baca Disini
Sebenarnya masih banyak lagi prasasti-prasasti lain yang belum disebutkan diatas, kalian bisa melihatnya di kategori pilihan "Peninggalan Sejarah" di blog ini. Tidak hanya di Indonesia saja, ada beberapa prasasti yang ditemukan di luar, contohnya Prasasti Nalanda peninggalan kerajaan Sriwijaya.

Itulah ulasan secara singkat padat dan jelas terkait Pengertian Prasasti dan Fungsinya, dilengkapi dengan contoh-contoh, semoga artikel informatif bermanfaat ini bisa menambah ilmu dan wawasan anda. 







Sumber Referensi :
  • Buku "Sejarah Kebudayaan Indonesia masa Hindu Budha"

Share ke teman kamu:

Related : Pengertian Prasasti dan Fungsinya