Sejarah Perang Dunia 1 Rangkuman Lengkap : Latar Belakang, Sebab, Kronologi dan Dampaknya

Sejarah Perang Dunia 1 merupakan perang yang melibatkan seluruh kekuatan besar di dunia. Perang ini berlangsung dari tanggal 28 Juli tahun 1914 dan berakhir pada tanggal 11 November 1918. Kekuatan besar yang terlibat meliputi 2 aliansi yang saling bermusuhan yakni pihak Sekutu (Prancis, Britania Raya dan Rusia), dengan Blok Sentral yang terdiri dari (Italia, Austria Hungaria dan Jerman). Dalam sejarahnya, Perang Dunia 1 melibatkan banyak sekali tentara atau pasukan militer yang saling berperang. Berdasarkan informasi yang ditemukan, perang ini melibatkan 70 juta pasukan militer dan merupakan perang terbesar sepanjang sejarah perang di dunia. 

Banyaknya pasukan yang terlibat, mengakibatkan korban dalam perang dunia 1 juga sangat fantastis yaitu lebih dari 9 juta pasukan militer gugur. Hal ini disebabkan karena teknologi yang digunakan dalam perang sudah sangat maju sehingga banyak korban yang berjatuhan. Penyebab Perang Dunia 1 yaitu karena kebijakan luar negeri dari negara-negara dengan kekuatan besar di Eropa. Kekuatan besar ini meliputi : Kekaisaran Jerman, Kesultanan Utsmaniyah, Kekaisaran Austria Hungaria, Imperium Britania, Kekaisaran Rusia, Italia dan Republik Prancis. Berikut ini penjelasan mengenai Perang Dunia 1 dengan sub-sub tema terdiri dari Latar Belakang, Kronologi dan Akhir Perang.

Sejarah Perang Dunia 1 Latar Belakang, Kronologi dan Berakhinya
Tank Inggris pada Perang Dunia 1

Latar Belakang Perang Dunia 1

Sebelum Perang Dunia 1 pecah, telah terbentuk sebuah aliansi negara dengan kekuatan besar yang ada di Eropa. Aliansi ini kemudian terguncang akibat pembunuhan terhadap pewaris kekaisaran Austria Hungaria yang bernama Franz Ferdinand. Pembunuhan ini dilakukan oleh orang nasionalis Yugoslavia pada tanggal 22 Juni 1914 di Sarajevo. Akibat pembunuhan tersebut kemudian muncul Ultimatum Habsburg kepada Kerajaan Serbia. Selanjutnya dari ultimatum tersebut dalam beberapa minggu kekuatan besar dari masing-masing aliansi terlibat dalam peperangan dan perang ini kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia serta dikenal dengan "Perang Dunia 1".

Selain sebab yang sudah dijelaskan diatas, latar belakang Perang Dunia 1 dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebab umum dan khusus, berikut ini penjelasannya.

1. Sebab Umum Perang Dunia 1
  • Perkembangan Industri : Setelah revolusi industri berlangsung dan berkembang di Inggris, negara-negara lain pun tidak mau ketinggalan dalam mengembangkan bidang Industinya. Negara yang berlomba dalam mengembangkan industri yaitu terdiri dari Rusia, Jerman, Belanda, Italia, Austria Hungaria, dan Prancis. Akibat banyaknya yang mengembangkan bidang industri, maka timbul persaingan dalam pencarian bahan baku, tempat pemasaran dan negara jajahan sebagai tempat kelebihan dan penanaman modal. Sebab umum perang dunia 1 (pertama)
  • Perkembangan Militer : Persaingan dalam memperoleh dan memperluas daerah jajahan memunculkan ketegangan dan membuat bidang militer semakin berkembang secara besar. Dari perkembangan ini muncul lagi sebuah perlombaan senjata, dari segi kualitas maupun jumlah. Negara-negara ini kemudian membentuk aliansi. Ada dua aliansi yang terbentuk yakni Triple Alliance (Jerman, Italia dan Austria Hongaria) & Triple Entante (Prancis, Inggris dan Rusia). Sebab umum perang dunia 1 (kedua)
2. Sebab Khusus Perang Dunia 1
  • Pembunuhan Terhadap Putra Mahkota Austria : Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, sebab utama perang dunia 1 merupakan akibat dari pembunuhan keturunan kekaisaran Austria yang bernama Franz Ferdinand kemudian munculnya pertentangan dan akhirnya disusul pernyataan perang oleh Austria Hungaria terhadap Serbia. Kekaisaran Russia kemudian membantu Serbia dalam masalah ini, karena memiliki kepentingan di daerah Balkan. Russia kemudian memindahkan banyak pasukannya ke daerah Austria Hungaria serta Jerman. Kemudian pada tanggal 30 Juli, Kekaisaran Russia memerintahkan agar pasukan Austria Hungaria segera keluar dari wilayah Serbia. Setelah itu giliran Jerman menyatakan perang terhadap Russia. Peperangan pun berlangsung dan berkembang antara anggota-anggota 2 anggota aliansi ini, akhirnya Perang Dunia 1 pecah.
Baca Perang Fenomenal Lainnya :
Sejarah Perang Dunia 1 Latar Belakang, Kronologi dan Berakhinya
Perang Dunia 1

Kronologi Perang Dunia 1

Lama waktu Perang Dunia 1 yaitu berlangsung selama empat tahun. Perang antara kedua aliansi yang berbeda ini berlangsung di darat, udara maupun laut. Sementara itu, wilayah atau daerah peperangan terbagi menjadi 3 front pertempuran yaitu Front Timur, Front Balkan dan Front Barat. Tidak ada negara satu pun kecuali Jerman yang terlibat dalam seluruh front tersebut. Pada front Timur, pasukan tentara militer Jerman menghadapi pasukan dari kekaisaran Russia. Kemudian pada front Balkan, pasukan Jerman berhadapan dengan negara-negara seperti Rumania, Inggris, Serbia dan juga Russia. 

Selanjutnya front barat, pasukan militer Jerman pada Perang Dunia 1 berhadapan dengan Inggris, Belgia, Belanda dan Perancis. Setelah beberapa bulan berlangsung, Italia kemudian ikut bergabung dalam perang ini. Negara Italia ikut bergabung dengan aliansi yang beranggotakan Russia, Perancis dan Inggris. Ikut bergabung-nya Italia disebabkan karena adanya permusuhan dengan kekaisaran Austria Hungaria. Permusuhan yang terjadi disebabkan karena sebagian wilayah Italia masih ada yang dikuasai oleh kekaisaran tersebut. 

Serangan pasukan Jerman pada Perang Dunia 1 dilakukan secara frontal baik di darat maupun udara. Di darat, pasukan militer Jerman ada yang menggunakan senjata berupa gas beracun (klorin, fosgin, mustar). Penggunaan gas beracun ini sangat berdampak buruk, bagi yang terkena bisa menyebabkan kematian. Namun dalam perkembangannya senjata gas ini dapat diantisipasi dengan digunakannya masker gas. Pada perkembangan selanjutnya penggunaan dari bahan kimia dan pengeboman kemudian dilarang melalui Konvensi Den Haag tahun 1907.

Pada Perang Dunia 1, Jerman berjaya dalam pertempuran laut. Hal ini disebabkan teknologi kapal selam Jerman sudah sangat maju. Jerman melakukan serangan dengan menggunakan kapal selam yang dimiliki, serangan ini tertuju kepada kapal dagang maupun kapal militer negara aliansi Triple Entance. Namun serangan Jerman ternyata mengenai kapal milik Inggris dan membuat ratusan waganya tewas. Hal inilah yang memaksa Amerika Serikat untuk ikut dalam Perang Dunia 1. Langkah selanjutnya pada tanggal 10 April tahun 1917 Amerika Serikat mengumumkan perang dengan negara Jerman. Baca Juga : Jalannya Perang Dunia 1 dari Awal sampai Akhir...

Akhir Perang Dunia 1

Berakhirnya Perang Dunia 1 terjadi setelah serangan besar-besaran yang dilakukan oleh pihak Sekutu. Serangan ini membuat pihak lawan yakni Jerman dan kawan-kawannya menyerah pada tahun 1918. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan kekalahan tersebut.
  • Penambahan kekuatan pada tahun 1915 dari Italia yang ikut bergabung di Pihak Russia, Inggris dan Perancis.
  • Bergabungnya Amerika Serikat pada tahun 1917 di pihak Sekutu yang disebabkan karena warga AS tewas saat kapal Inggris ditenggelamkan oleh Jerman.
  • Munculnya gerakan sosial di Jerman dan Austria, gerakan sosial ini bosan dengan kegiatan perang yang berlangsung lama sehingga melemahkan Jerman.
Menyerahnya Blok Sentral kepada pihak Sekutu pada bulan November tahun 1918, kemudian disusul dengan penyelenggaraan perjanjian perdamaian. Perjanjian ini dilangsungkan pada tanggal 28 Juni 1919 di Paris dengan diwakili oleh 70 utusan dari 27 negara pemenang Perang Dunia 1. Perjanjian ini dinamakan Perjanjian Versalles dan merupakan kunci utama tercapainya perdamaian dari kedua belah pihak. Berikut ini isi perjanjian tersebut.
  1. Pihak Jerman menyerahkan daerah Lotaringen dan Elsas kepada pihak Prancis serta daerah Malmedy dan Eupen kepada pihak Belgia.
  2. Daerah koloni Jerman diserahkan ke Perancis, Jepang dan Inggris.
  3. Pasukan militer Jerman dibatasi, yakni tidak boleh lebih dari 100ribu.
  4. Pihak Jerman harus membayar ganti rugi perang yaitu sebanyak 132 miliar Mark ke negara Sekutu.
  5. Wilayah Saar dibawah pengawasan Liga Bangsa-bangsa dalam waktu 15 tahun.
  6. Daerah Danzig bebas merdeka dibawah perintah LBB
  7. Jerman bagian barat dikuasai oleh pihak Sekutu dalam kurun 15 thn.
Baca Juga :
Dengan ditandatanganinya Perjanjian Versailles pada tanggal 28 Juni 1919 di kota Paris, Prancis. Maka secara resmi Perang Dunia 1 berakhir dan dimenangkan oleh pihak Sekutu. Baca : Daftar Perjanjian Bersejarah di Indonesia...

Itulah pembahasan mengenai Sejarah Perang Dunia 1, secara lengkap dengan sub tema meliputi latar belakang, sebab, kronologi dan berakhirnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan jangan lupa like & share agar teman kalian bisa membacanya juga. Terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Sejarah Perang Dunia 1 Rangkuman Lengkap : Latar Belakang, Sebab, Kronologi dan Dampaknya