Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Menurut Para Ahli Singkat

"Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia" berbagai pertanyaan dan perdebatan tentang sejarah manusia yang ada di Indonesia mungkin sering kita dengar baik di lingkungan sekolah/pendidikan atau pun di lingkungan masyarakat. Darimana sebenarnya asal usul nenek moyang bangsa Indonesia? mungkin beberapa dari kita memiliki pendapat berbeda terkait jawaban atas pertanyaan tersebut. Oleh karena itu, disini penulis akan menjelaskan mengenai asal usul sejarah nene moyang manusia yang ada di Nusantara/Indonesia dan juga beberapa pendapat dari ahli sejarah terkait masalah tersebut.

Beberapa ahli sejarah telah melakukan penelitian tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Mereka melakukan beberapa penelitian untuk menemukan bukti mengenai manusia pertama yang berada di Indonesia. Salah satu penelitian mengenai asal usul nenek moyang Indonesia yang memiliki bukti kuat adalah pendapat dari Von Heine Geldern. Berikut ini penjelasannya.

Asal Usul Nenek Moyang Indonesia Menurut Para Ahli

Menurut V. Heine Geldern asal usul mengenai nenek moyang bangsa Indonesia merupakan orang-orang yang berasal dari Asia Tengah. Ia berpendapat bahwa sejak 2 ribu sampai 5 ratus SM orang-orang yang berada di Asia Tengah melakukan migrasi atau berpindah dari wilayah Cina Selatan (Yunan) menuju ke daerah Asia Selatan, kemudian sampai ke wilayah Nusantara. Penyebab migrasi secara besar-besaran tersebut diperkirakan karena adanya perang dan juga bencana alam yang besar.

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Menurut Para Ahli Singkat

Pendapat V. Heine mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia tersebut disebabkan karena banyaknya penemuan berupa peralatan manusia purba zaman dahulu. Peralatan yang ditemukan di wilayah Indonesia berupa batu beliung, bentuknya persegi. Peninggalan manusia purba ini ditemukan di daerah Jawa, Sumatra, Sulawesi dan Kalimantan. Peralatan yang berhasil ditemukan ternyata memiliki kesamaan dengan penemuan peralatan yang ada di daerah Asia lain, seperti Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Myanmar.

Von Heine juga berpendapat bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia yang bermigrasi dari Asia Tengah tidak hanya berdatangan dalam 1 gelombang. Ia berpendapat bahwa migrasi kedua juga terjadi, yaitu datang pada sekitar tahun 400 sampai 300 sebelum masehi. Pada zaman ini merupakan zaman dimana peralatan sudah terbuat dari perunggu. Migrasi yang dilakukan pada masa ini, manusia purba tersebut membawa hasil kebudayaan berupa peralatan dari perunggu seperti nekara dan kapak.

Lantas,, bagaimana orang-orang tersebut dapat sampai ke Nusantara/ Indonesia? berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli sejarah, manusia purba yang datang ke nusantara menggunakan perahu bercadik sebagai alat transportasinya. Mereka melakukan pelayaran dengan berkelompok untuk dapat sampai di wilayah Indonesia. Oleh sebab itulah nenek moyang bangsa Indonesia terkenal dengan sebutan sebagai pelaut.

Tokoh lain yang pernah melakukan penelitian mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia adalah Paul dan Fritz tahun 2011. Ia berpendapat bahwa nenek moyang asli Indonesia merupakan ras yang memiliki tubuh kecil dan berkulit gelap. Asal usul ras ini merupakan manusia yang berasal dari Asia Tenggara yang dulu wilayahnya masih bersatu saat zaman es. Kemudian setelah periode es (glasial) berakhir daratan yang bersatu kemudian terpisah dan menjadi daratan sendiri termasuk Indonesia. Beberapa bukti mengenai pendapat ini dikuatkan dengan penemuan gua dan kapak.

Pembagian Manusia Purba di Indonesia

1. Bangsa Proto Melayu
Bangsa proto melayu merupakan bangsa yang pertama kali datang ke Indonesia. Orang-orang ini berasal dari ras Austronesia. Mereka datang pada tahun 1500 sebelum masehi dengan melalui dua jalur yaitu jalur utara (Filipina-Sulawesi) dan jalur barat (Malaysia-Sumatra). Beberapa kebudayaan yang berhasil ditemukan dari bangsa ini adalah berupa peralatan yang sudah di haluskan. Dari hasil budaya tersebut, bangsa ini memiliki kebudayaan yang cukup maju.

2. Bangsa Deutro Melayu
Bangsa ini bisa disebut juga dengan melayu muda. Bangsa Deutro Melayu datang ke wilayah Indonesia melalui gelombang ke dua atau sekitar tahun 400 sebelum masehi. Mereka berlayar ke nusantara melalui jalur barat. Kebudayaannya pun sudah maju yaitu telah membuat peralatan dari besi dan perunggu. Beberapa peninggalan yang berhasil ditemukan di wilayah Indonesia adalah nekara, kapak corong, dolmen, punden berundak dan kubur batu.

3. Bangsa Primitif
Bangsa ini merupakan bangsa pendahulu sebelum kedua kelompok diatas berdatangan. Kenapa disebut primitif? karena mereka masih sangat sederhana, kehidupannya berpindah-pindah dan memiliki kemampuan yang terbatas. Bangsa primitif ini dikelompokkan menjadi tiga yaitu manusia plestosen, suku wedoid, dan suku negroid.

Demikian pembahasan mengenai Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia menurut beberapa para ahli. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua, kurang lebihnya penulis mohon maaf. Terimakasih

Baca Juga :

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Menurut Para Ahli Singkat